Kamu Gemuk? Olahraga Ini Cocok Buat Kamu Atau Sebarin Ke Teman Gemukmu

Asalasah ~ Berbadan gemuk atau Berat badan berlebih tak jarang membuat seseorang merasa kurang PD untuk berolahraga. Padahal, orang gemuk seharusnya lebih aktif bergerak secara fisik daripada orang kurus. Lemak tubuh yang menumpuk secara berlebih harus dibakar dengan intensif supaya lebih sehat dan bugar. 
 

Kendalanya, orang gemuk merasa enggan untuk menggerakkan tubuhnya karena takut cidera, nyeri, dan sulit bergerak. Jadi, apa olahraga paling cocok untuk orang gemuk? 

Tidak semua jenis olahraga cocok bagi orang gemuk. Bobot tubuh mereka menjadi masalah saat melakukan gerakan dalam olahraga. Gerakan seperti melompat atau berlari tentunya sulit dilakukan oleh penderita obesitas. Beban tubuh yang berlebih akan menyebabkan hentakan kuat pada sendi kaki atau pinggul, sehingga dapat berakibat nyeri sendi dan cedera.

Langkah tepat yang dapat ditempuh oleh seseorang yang mempunyai tubuh gemuk adalah olahraga di bawah bimbingan seorang pelatih. Karena pelatih benar-benar memahami gerakan apa saja yang boleh dilakukan, dan apa saja yang tidak boleh.


5 Jenis Olahraga Paling Cocok Bagi Orang Gemuk


Jika anda memiliki berat badan lebih dari bobot ideal, di bawah ini merupakan contoh olahraga yang cocok bagi anda:

1. Aerobik air

Untuk menjaga kesehatan jantung, aerobik air sangat diperlukan. Bukan hanya itu, tapi olahraga kardiovaskular ini juga efektif untuk membakar lemak. Aerobik air merupakan olahraga yang cocok bagi orang gemuk, karena membuat berat tubuh lebih ringan, sehingga memudahkan gerakan anda dan mencegah nyeri sendi. Anda dapat melakukan latihan aerobik di tempat gym atau di kolam renang sendiri.

2. Latihan bola

Jika anda enggan untuk pergi ke sanggar senam, belilah bola latihan. Lakukan sit-up perut menggunakan bola, karena gerakan ini mungkin sulit dengan menggunakan mesin ab.

3. Senam ringan

Berbeda dengan orang biasa, orang gemuk akan lebih aman jika memilih senam yang tidak ada lompatan atau gerakan yang menghentak secara tiba-tiba. Gunakan tumpuan kaki yang empuk, untuk menghindari tekanan pada sendi. Supaya lebih aman maka ikuti bimbingan dari seorang instruktur.

4. Latihan fungsional

Orang gemuk biasanya mengalami kesulitan saat bangkit dari tempat duduk. Untuk menanjaki trotoar saja rasanya sangat berat. Cobalah untuk bangkit dari kursi kemudian duduk kembali, lakukan secara berulang dalam sehari. Gerakan olahraga ini baik untuk melatih otot stabilizer dan keseimbangan tubuh. Olahraga ini efektif untuk membakar lemak dan menguatkan otot-otot tubuh.

5. Berjalan

Mayo clinic dan American Heart Association sangat menganjurkan penderita obesitas untuk berjalan kaki lebih sering. Penelitian oleh University of Colorado pada tahun 2005 menemukan bahwa berjalan kaki mampu membakar banyak kalori pada orang gemuk daripada orang dengan tubuh ideal.

Jika anda merasa malu untuk berjalan kaki di jalanan, cukup dengan naik turun tangga. Olahraga ini juga termasuk kegiatan aerobik. Lari kecil dapat dilakukan jika anda mampu, kembali berjalan kalau sudah ngos-ngosan.


  • Lakukan olahraga dengan rutin secara bertahap. Hindari olahraga berat karena anda mungkin terlalu bersemangat di awal.
  • Setelah latihan, jangan langsung duduk. Berjalan santai atau berdiri sesaat untuk mengembalikan denyut nadi dan nafas.
  • Berhenti olahraga saat nafas mulai terengah-engah.
  • Gunakan sepatu yang lentur.
  • Hindari olahraga dengan intensitas tinggi dan lompatan keras yang dapat menimbulkan tekanan pada lutut.
  • Lakukan latihan aerobik, setelah terbiasa maka lanjutkan dengan latihan kekuatan.
  • Rutin berolahraga karena penurunan berat badan tidak terlihat secara drastis. Tentukan target yang masuk akal, sehingga anda tidak putus asa.
  • Fokus pada diri sendiri, biarkan orang lain mendapatkan hasil lebih baik dari anda.

Nah, itulah olahraga yang cocok bagi orang gemuk. Dengan latihan teratur diharapkan berat badan anda turun secara bertahap sehingga tubuh lebih ideal, sehat, dan bugar. Semoga sukses dalam menjalani program penurunan berat badan.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://programlatihanfisik.blogspot.co.id/2016/07/gerakan-gerakan-olahraga-freeletics_4.html