Kuku Kaki Jelek & Kering ? Yuk Coba Perawatan Pedikur Ini Di Rumah

Asalasah ~ Perawatan kuku Kaki sering kali diabaikan. Alasannya kita berpikir tidak ada yang perlu diperhatikan dan biarkan ia terawat sendiri. Sayangnya, anggapan itu salah.

Kaki kerap mengalami kerusakan karena berjalan mengikuti jadwal kerja yang sibuk. Belum lagi paparan sinar matahari yang berdampak sangat buruk bagi kaki. Untuk itu, kaki sering menjadi bagian tubuh yang diabaikan ketika mengusap lotion tabir surya atau pelembab.


Perlu dipahami, kulit bagian atas kaki lebih tipis dibandingkan dengan kulit di bagian lain pada tubuh. Hal ini dapat menyebabkan pengelupasan kulit dan munculnya garis halus. Sehingga, dapat membuat kaki terlihat cukup tua juga. Agar tidak mengganggu kesibukan, pedikur pun bisa dilakukan di rumah, berikut langkah-langkahnya:
  1. Gosok Kaki
  2. Gosok kaki dengan scrub garam pada tumit dan daerah kaki yang kapalan lainnya. Jangan scrub area atas kaki karena kulitnya lebih sensitif. Jika tak punya garam mediterania, anda juga bisa menggunakan batu apung. Namun, jika anda menggunakan batu sekali atau 2 kali seminggu, sebaiknya ganti batu setiap enam bulan karena bakteri bisa menempel di batu apung tersebut.

  3. Bersihkan Kuku yang Lama
  4. Cat kuku sudah tidak lagi bagus. Bersihkan dengan aseton.

  5. Rendam Kaki
  6. Cari ember kecil yang pas dengan kedua kaki. Isi dengan air hangat. Masukkan sampo ataupun sabun kesukaan. Kemudian rendam kaki ke dalam ember. Nikmati dan bersantai selama 2-5 menit.

  7. Angkat Kulit Mati
  8. Setelah 5 menit, angkat kaki dari ember. Masih berkaitan dengan gosok menggosok. Untuk bagian atas kaki, dapat menggunakan foot scrub. Jika tidak ada, bisa mencampurkan minyak zaitun dan garam. Gunakan scrub dengan gerakan memutar. Kemudian, cuci kaki dan keringkan.

  9. Gunting dan Bentuk Kuku
  10. Setelah bersih, rapikan dengan gunting kuku. Bentuk kuku kaki sesuai keinginan. Gunakan kikir kuku berlian untuk mengikir dan mengilapkan kuku kaki. Jangan salah menggunakan kikir. Kikir yang besar digunakan untuk membentuk pinggiran kuku, dan kikir yang kecil untuk menghaluskannya.

  11. Minyak Kutikula
  12. Gunakan minyak kutikula atau minyak almond pada kuku. Setelah 5 menit, bersihkan kutikula menggunakan stik kutikula. Minyak akan melembutkan kutikula sehingga membuat lebih mudah untuk membersihkan.

  13. Warnai Kuku
  14. Setelah itu, gunakan cat kuku pilihan. Pertama, mulai dengan cat dasar transparan. Kemudian, warnai dengan cat hingga tiga lapis untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Langkah akhir, selesaikan dengan top coat untuk memastikan bahwa cat kuku berlangsung lama.

  15. Masker Kaki
  16. Rawat kulit anda dengan memberikan masker yang mengandung nutrisi untuk kaki. Setelah menggunakannya, biarkan masker hingga 15 menit. Utamakan untuk daerah tumit. Masker untuk kaki adalah masker yang mengandung lumpur dan ekstrak sayur-sayuran.

  17. Penguat Kuku
  18. Anda ingin kuku anda tampak indah tanpa meninggalkan cat kuku? Gunakan penguat kuku atau nail strengthener. Selain membuat kuku terlihat lebih bersih dan terawat, ini juga akan menguatkan penampang kuku Anda.

  19. Menyemprot Kaki
  20. Menyemprot kaki dengan ekstrak mint dapat menghilangkan bau kaki. Ekstrak mint juga dapat memberikan kesegaran dan menjaga kulit kaki.
Cukup mudah bukan? Durasi waktunya pun tidak lama. Cara simpel ini dapat anda lakukan di sela libur. Selamat mencoba. 

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.wowkeren.com/berita/tampil/00120688.html