Tak Suka Bercanda! Kim Jong Un Eksekusi Pejabatnya Yang Bersikap Tidak Hormat

Asalasah ~ Otoritas Korea Utara (Korut) kembali mengeksekusi seorang pejabat tinggi pemerintah karena menunjukkan sikap tidak hormat saat pertemuan yang dipimpin pemimpin Korut, Kim Jong Un. Dua pejabat lainnya dipecat.
http://3.bp.blogspot.com/-SwOfn9myK2A/UzqBG8ok4hI/AAAAAAAAWwE/VmPuzGe5Y8I/s1600/pria-korea-utara-wajib-meniru-gaya-rambut-kim-jong-un.jpeg

"Wakil perdana menteri untuk pendidikan Kim Yong-Jin dieksekusi," ujar juru bicara Kementerian Unifikasi Korea Selatan (Korsel), Jeong Joon-Hee seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (31/8/2016).

Seorang pejabat Korsel lainnya mengatakan, Kim ditembak mati oleh regu penembak karena dianggap sebagai "antipartai, penghasut antirevolusioner".

"Kim Yong-Jin dilaporkan atas cara duduknya yang tidak semestinya ketika dia duduk di bawah mimbar saat sesi parlemen Korut, dan kemudian menjalani interogasi yang mengungkapkan kejahatan-kejahatan dia yang lainnya," ujar pejabat yang tak ingin disebut namanya itu kepada para wartawan di Seoul, Korsel.

Sebelumnya pada Selasa, 30 Agustus dilaporkan bahwa Korut juga telah mengeksekusi dua pejabat tingkat tinggi karena tidak mematuhi Kim Jong Un. Informasi soal eksekusi mati itu dilaporkan oleh surat kabar ternama Korsel, JoongAng Ilbo, yang mengutip seorang sumber yang memahami eksekusi mati ini, seperti dilansir Reuters, Selasa (30/8/2016).

Dituturkan sumber yang tidak disebut namanya, mantan Menteri Pertanian Hwang Min dan pejabat senior Kementerian Pendidikan Ri Yong Jin telah dieksekusi mati.

Dilaporkan JoongAng Ilbo, kedua pejabat itu dieksekusi dengan senjata anti-pesawat di salah satu akademi militer di ibu kota Pyongyang. Menurut JoongAng Ilbo, Hwang dieksekusi mati rancangan kebijakannya dipandang sebagai tantangan untuk Kim Jong Un. Sedangkan Ri ketahuan tidur saat rapat dengan Kim Jong Un, sebelum kemudian diselidiki atas kasus korupsi dan dianggap tidak menghormati pemimpin Korut.

Kim Jong Un mulai memimpin negeri komunis itu sejak tahun 2011 setelah ayahnya, Kim Jong Il, meninggal dunia. Kepemimpinannya banyak diwarnai 'pembersihan' dan eksekusi mati sejumlah pejabat tinggi Korut.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://news.detik.com/internasional/3287649/bersikap-tak-hormat-saat-pertemuan-kim-jong-un-pejabat-korut-dieksekusi