Berkuasa 70 Tahun, Akhirnya Raja Thailand Meninggal Dunia

Asalasah ~ Berkuasa 70 Tahun,  Akhirnya Raja Thailand Meninggal Dunia. di usia 88 tahun. Kepergian  Raja Thailand Bhumibol Adulyajed  mengakhiri tujuh dekade kepemimpinannya sebagai raja.

http://www.asalasah.com/2016/10/berkuasa-70-tahun-akhirnya-raja.html

Raja Tahiland Bhumibol menghembuskan napas terakhir, Kamis (13/10/2016), pukul 15.52 waktu setempat. Meski demikian, kabar duka ini baru diumumkan untuk publik pukul 19.00.  Pihak kerajaan belum memberikan keterangan pasti mengenai penyebab meninggalnya Raja Bhumibol.

Raja Bhumibol diketahui telah menderita sakit berkepanjangan. Selama satu tahun terakhir, sang raja sudah rutin melakukan cuci darah.

Saat mendengar rajanya meninggal dunia, banyak warga Thailand yang berlutut di jalan sebagai bentuk rasa duka cita. Beberapa orang terlihat diam bahkan menangis setelah mendengar berita menyedihkan itu. Istri Raja Bhumibol, Ratu Sirikit juga menderita penyakit yang serius.

Seperti dilansir The Guardian, mereka memiliki tiga anak namun hanya satu yang laki-laki. Anak laki-lakinya bernama Pangeran Maha Vajiralongkorn. Namun ia tak memiliki kekuatan yang besar seperti ayahnya dan dikhawatirkan jika naik tahta akan menimbulkan kerusuhan di Thailand.

Raja Bhumibol menjadi pemersatu dan bapak negara bagi Thailand. Ia telah berulang kali dikudeta sejak ia naik tahta pada 1946 saat berusia 18 tahun.

Selama ia memimpin kerajaan terjadi 20 kali kudeta. Terakhir saat junta militer mengkudeta kerajaan pada Mei 2014. Namun monarki tetap dibiarkan ada.

Raja Bhumibol sukses melakukan negosiasi dengan para pemimpin militer berkali-kali untuk meletakkan demokrasi di Thailand. Meskipun akhirnya menyerahkan Thailand kepada militer.

Selama sakit, Raja Bhumibol telah diobati dokter karena di otaknya terdapat cairan. Ia juga menderita infeksi paru-paru. Kerajaan menyatakan kondisinya memang tak stabil akhir-akhir ini.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.siakapkeli.my/2016/10/terkini-raja-thailand-disahkan-mangkat.html