Darah Menstruasi Terlalu Deras ? Mungkin Ini penyebabnya

Asalasah ~ Hampir semua wanita pasti mengalami menstruasi setiap bulannya, namun waktu dan kondisinya berbeda. Terkadang ada kasus wanita yang menstruasinya terlampau lama, ada juga yang mengalami menstruasi terlalu singkat, terlalu banyak keluar darah maupun kejadian lainnya.

Ada wanita yang darah menstruasinya sedikit, namun adapula yang jumlahnya berlebihan atau terlalu deras. Menstruasi yang terlalu deras seringkali membuat wanita merasa cemas, takut bahkan tidak nyaman beraktivitas. Bagaimana tidak, mereka harus sering-sering berganti pembalut agar tidak tembus atau terhindar dari iritasi. Menstruasi yang terlalu banyak disebut dengan menorrhagia. Mungkin tak banyak yang tahu, apa sich yang menjadi penyebab menstruasi terlalu deras? Ternyata ada banyak penyebab menstruasi terlalu deras pada wanita, diantaranya :

1.    Alat kontrasepsi ( IUD )

Salah satu penyebab wanita mengalami menstruasi yang terlalu deras atau menorrhagia adalah menggunakan alat kontrasepsi IUD. Oleh karena itu, jika Anda mengalaminya, segera lepaskan alat kontrasepsi ini.

2.    Hormon tidak seimbang

Tahukah Anda jika lapisan rahim (endrometrium) kita diatur oleh keseimbangan hormon estrogen dan progesterone? Namun ketika terjadi ketidakseimbangan hormone, maka endometrium akan meningkat dan mengakibatkan darah menstruasi melimpah.

3.    Disfungsi ovarium

Disfungsi ovarium bisa jadi merupakan penyebab menstruasi terlalu deras. Ketika ovulasi tidak terjadi lagi selama siklus menstruasi, maka hormone progesterone tidak akan lagi berproduksi sehingga mengakibatkan ketidakseimbangan kadar hormone.

4.    Polip

Penyebab lain menstruasi membanjir adalah polip yang tumbuh dalam dinding rahim. Meskipun ukurannya kecil, namun tumbuhnya polip ini sangat berbahahaya, karena dapat sebabkan menstruasi terlalu deras dan lama.

5.    Adenomiosis

Penyebab lain wanita mengeluarkan banyak darah saat menstruasi  adalah Adenomiosis. Kondisi dimana endometrium ditanamkan dalam otot rahim ini sebabkan rasa sakit dan perdarahan yang berat.
Selain kelima penyebab yang disebutkan diatas, ternyata ada penyebab lainnya, diantaranya : infeksi rahim, diet, infeksi panggul atau tumor, fibroid rahim dan lainnya. Darah menstruasi terlalu deras bisa jadi hal yang normal, namun jika terus berlangsung lebih dari seminggu, maka segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya. Semoga bermanfaat yaa!

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://intipslagi.blogspot.co.id/2016/11/lima-penyebab-menstruasi-terlalu-deras.html