Menopause Dini! Ini gejala dan Penyebab Yang Harus Diketahui Para Wanita

Asalasah ~ Usia muda mungkin kamu berada di masa bingung tentang kejadian awal menstruasi, ternyata di usia tua saat mengalami menopause juga dapat membingungkan apakah sudah menopause atau masih akan datang bulan.

Menopause merupakan kondisi dimana siklus menstruasi atau pendarahan berhenti dan merupakan akhir dari masa reproduksi wanita. Cepat atau lambat wanita berusia diatas 40 tahun akan mengalami hal tersebut. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa di usia kurang dari 40 tahun, wanita bisa mengalami menopause dini atau premature yang terjadi akibat perawatan medis tertentu atau memang berlangsung secara alami.
Penyebab Dan Gejala Menopause Dini Yang Harus Diketahui Para Wanita
Pada umumnya wanita yang menopause akan pertama kali mengalami hal tersebut di usia 40 hingga 50 tahun. Sementara menopause sendiri terlihat dari berhentinya haid selama 12 bulan berturut-turut.

Sementara itu penyebab menopause dini bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti tekanan pekerjaan maupun stress. Selain itu menopause dini juga terjadi karena adanya pengangkatan kedua ovarium akibat kanker ataupun hal lainnya. Termasuk juga pengangkatan rahim yang menjadi tempat tumbuhnya janin.

Lantas bagaimana gejala atau tanda dari menopause dini? Berikut adalah gejala menopause dini yang dilansir dari Boldsky.

1. Mengalami Kekeringan V4gin4

Dalam masa normal, ketika mengalami siklus hormonal, maka daerah v4gin4 akan terlumasi dengan baik. Namun ketika daerah tersebut mulai mengalami kekeringan dalam waktu yang cukup lama, besar kemungkinan seorang wanita sudah mendekati masa menopause.

2. Mengalami Sensasi Terbakar

Salah satu tanda yang paling umum dan dialami semua wanita adalah adanya sensasi terbakar di beberapa bagian tubuh atau wajah. Karenanya periksakan kepada dokter jika mengalami sensasi terbakar di bagian tubuh tanpa ada sebab dari luar.

3. Terjadi Perubahan Suasana Hati

Bagi para wanita yang seringkali mengalami perubahan suasana hati secara mendadak, kemungkinan juga menjadi gejala menopause dini. Bahkan tak jarang terjadi kondisi dimana wanita merasa tertekan dan ingin bunuh diri.

4. Mengalami Perubahan Pola Tidur

Gejala lain akan terjadinya menopause adalah perubahan pola tidur dimana wanita sulit untuk tidur nenyak lantaran depresi ataupun gejolak hormonal. Biasanya perubahan pola tidur juga dipengaruhi oleh suasana hati, hubungan pribadi maupun produktivitas kerja.

5. Menurunnya Gair4h Berhubungan Suami Istri

Ketika wanita berada di usia 20 hingga 30 tahun, maka gair4h untuk berhubungan suami istri begitu besar dan berada di puncaknya. Namun jika mengalami penurunan atau bahkan menghindari aktivitas tersebut dengan banyak alasan, boleh jadi hal tersebut harus diperiksa kepada dokter untuk mengecek kadar hormonal.

6. Menstruasi Yang Tidak Lancar

Gejala umum menopause adalah mestruasi yang tidak lancar secara tiba-tiba. Guna memastikannya, periksakan kepada dokter kandungan.

7. Rendahnya Kalsium Dalam Tubuh

Gejala menopause dini juga ditandai dengan rendahnya kalsium akibat tingkat estrogen yang berkurang dalam tubuh. Jika mengalami rasa sakit di sendiri atau mengalami tulang lemah, bisa jadi merupakan pertanda masa menopause tingkat sedang.

8. Palpitasi

Bagi wanita, hormon reproduksi bisa berpengaruh pada jantung dimana ketika dalam keadaan normal, jantung akan terlindungi dari kerusakan. Namun ketika masa menopause sudah dekat, jantung mulai tidak terlindungi dan salah satunya adalah palpitasi yang menjadi tanda masalah jantung.

9. Infertilitas

Infertilitas atau ketidaksuburan juga menjadi tanda atau gejala seorang wanita mendekati masa menopause. Hal ini ditandai dengan mestruasi yang tidak teratur sehingga mengakibatkan sulit hamil.
Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.bundahusna.com/2016/11/penyebab-dan-gejala-menopause-dini-yang.html