Benarkah Mandi Malam Bikin Rematik dan Sakit Lainnya?

Asalasah ~ Di sini saya mau bahas seputar mitos yang beredar di masyarakat. Asalasah mau ngelurusin aja sih gan, ya itung2 juga nambah pengetahuan gitu gan

Saya masih anak kuliahan nih gan, karena lagi sibuk-sibuknya praktek ane sering pulang malem. Cape, keringetan, dekil, kucel, buladik, KECE (kelek cepel, gan), kaya gelandangan gtu deh tinggal siapin aja mangkok sama koran buat alas tempat duduk di pinggiran trotoar bepas. Intinya mah udah kotor lah yah gan, harus di kasih personal hygien, kerennya mh gtu gan, artinya yah mandi lah gan.
Cuman nih, mama ane rewel banget, bilang jangan mandi malem nanti rematik. Yah ane pembelaan aja, “mah mitos mah mitos”. Dan mama mulai nyolot, “EH.. GA NURUT YAH KE ORANG TUA !”
YA UDAH CEKIDOT AJA NIH FAKTANYA

Mitos: Sering mandi malam dan udara dingin sebabkan rematik
Fakta: Secara patologis, tidak ada kaitan antara mitos ini dan penyakit rematik. Namun, air atau udara dingin akan menyebabkan kapsul sendi mengerut. Hal ini tentu bisa menambah rasa nyeri pada persendian pasien rematik. Sebaiknya penderita rematik memang mandi air hangat untuk mengurangi rasa sakit pada persendiannya.

Disini ane juga dapet info menarik juga gan, kalo madi malem juga ada manfaat nya. Tapi baca sampe akhir gan, soalnya ada penyakit2 yang di sebabkan sama nih kebiasaan mandi malem.

MANFAAT MANDI MALAM :

Air di malam hari lebih banyak mengandung kadar dinginnya di siang hari. Jadi, ketika kita mandi pada malam hari, rasanya sangat berbeda lebih segarlah pada malam hari.

2. Mendapatkan Ketenangan
Ketika baru pulang dari beraktivitas seharian, badan penuh dengan keringat, capek, dan lunglai. Maka dengan mandi malampun anda bisa merasakan ketenangan yang lebih oleh air yang dingin mengaliri tubuh anda.
 
3. Menurunkan Tekanan Darah
Mandi malam juga dapat menurunkan tekanan darah, jadi cocok bagi anda yang mempunyai darah tinggi untuk sering-sering mandi malam.
 
4. Badan Lebih Terlihat Bersih
Dengan air yang segar, sehingga tubuh anda akan lebih terasa beda bersih dengan anda mandi pada saat siang hari.
BAHAYA MANDI MALAM :

1. Paru Paru Basah ( Bronkhitis )
Banyak orang yang nyepelekan hal yang satu ini , seseorang yang setiap harinya sibuk dan terpaksa harus mandi malam dalam jangka panjang seseorang tersebut dapat terkena penyakit paru paru basah.

2. Serangan Asam Urat
Mandi Malam sangat berakibat serangan asam urat pada tubuh kita, karena faktor malam yang membuat air terasa lebih dingin dari sore hari dan air ingin tersebut akan membuat nyeri sendi.

3. Memperparah Nyeri Rematik
Buat Anda yang punya penyakit rematik di anjurkan jangan melakukan mandi di malam hari , karena apabila hal ini di lakukan penyakit rematik Anda akan tambah nyeri dan parah.

4. Punuaan Dini
Ini nih yang banyak orang tidak tau , seseorang yang lebih sering beraktifitas, banyak kerjaan dan sibuk biasanya terlalu banyak pikiran yang menumpuk di otak, dan apabila Anda mandi malam saat banyak pikiran dapat menjadikan Anda stress, karena orang yang masih banyak pikiran mandi malam dengan air yang terasa dingin membuat temperatur tubuh tidak normal.

Tapi tenang aja gan, di sini ane juga punya TIPS yang bisa ente pake kalo emang harus mandi malem,biar bobonya nyenyak
  

TIPS BERMANFAAT MANDI DI MALAM HARI :
Mandi di malam hari dengan menggunakan air hangat ternyata juga memiliki efek baik bagi kesehatan.

Seperti dilansir dari naturopathycure.com, mandi air hangat membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat kotoran setelah beraktivitas di siang hari. Ada baiknya mencampurkan air perasan lemon dalam air hangat untuk mandi. Selain membantu membersihkan kulit, juga bisa memberikan kesegaran dan pada tubuh.

 Selain itu, ini adalah efek lainnya dari mandi dengan air hangat antara lain :

  1. Mandi air hangat sebelum tidur dapat membantu membuat tidur lebih nyenyak. Karena badan lebih segar dan nyaman.
  2. Aktivitas ini bisa membuat kulit tubuh terlindungi dari masalah kulit, akibat kotoran yang menempel dari paparan debu dan polusi saat beraktivitas di siang hari.
  3. Melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi rasa lelah sehabis melakukan aktivitas seharian. Karena mandi air hangat bisa membuat otot dan persendian menjadi lebih relaks.
  4. Bisa membantu mengurangi rasa kedinginan pada tubuh. Karena mandi air hangat bisa menaikkan suhu tubuh.
  5. Berendam di air hangat juga dapat mengurangi stress dan membuat fikiran lebih relaks.
Biarpun mandi malam dengan air hangat mempunyai banyak manfaat tapi ahli tidak menganjurkan untuk sering mandi larut malam.

Setidaknya mandi malam hari dianjurkan hanya dilakukan 2 kali dalam seminggu

Tuh gan ! yang ane garis bawahin penting gan, walopun manfaatnya banyak tapi tetep aja ada efek samping nya. Harap di ingat ! (siap dah, ane jawab paling keras).

Lanjut yuk Gan...

Ane sedikit tambahan juga sih. Yang tadi kan manfaat mandi pake aer anget, nah kalo ini
 

MANFAAT MANDI DENGAN AIR DINGIN

1. Membakar lemak putih
Lemak cokelat merupakan lemak baik yang dibutuhkan tubuh dalam menambah panas dan menjadikann tubuh hangat saat cuaca dingin. Sementara itu, saat seseorang memiliki berat badan yang berlebihan dengan lemak di daerah pinggul, pantat, lengan, atau perut menjadi lemak putih yakni jenis lemak yang harus dihilangkan.

Paparan suhu dingin menurut penelitian dapat menambah metabolisme lemak cokelat sampai 15 kali lebih banyak dan dapat membantu membakar lemak putih yang tidak sehat. Salah satu caranya yakni rutin mandi air dingin tiap hari. Mandi air dingin dapat membakar lemak putih dan menekan berat badan.

2. Meredakan pegal setelah olahraga
Setelah berolahraga terkadang badan akan terasa pegal atau mengalami cedera otot.

Rasa nyeri dan sakit dapat bertahan sampai berhari-hari dan membuat orang menjadi jarang berolahraga. Jika Anda termasuk dalam hal ini, coba mandi dengan air dingin setelah olahraga dan dapat meredakan rasa pegal tersebut.

3. Bangun tidur jadi lebih mudah
Banyak orang yang kesulitan bangun di pagi hari.

Jika begitu, mandi air dingin akan sangat efektif bagi anda. Langsung mandi dengan air dingin setelah bangun akan menambah rasa kesadaran Anda dan membuat Anda kembali semangat lagi.

Karena tubuh akan bernapas lebih dalam. Membuat organ tubuh terisi oksigen menjadikan otak lebih waspada, dan bagian detak jantung akan semakin cepat dan menjadikan aliran darah ke tubuh menjadi lancar. Tubuh akan semakin memiliki energi.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Mandi air dingin akan menambah metabolisme, juga sistem daya tahan tubuh. Hasil ini akan menjadikan metabolisme tubuh semakin cepat.

Dengan begitu, sistem daya tahan tubuh akan menjadi aktif dalam membasmi bakteri dan virus yang ada dalam tubuh.

5. Menjaga kesehatan kulit dan rambut
Manfaat mandi air dingin tidak hanya untuk kesehatan organ dalam dan pikiran, juga dapat bermanfaat untuk rambut dan kulit. Jika Anda mempunyai masalah dengan jerawat atau rambut, mandi air dingin dapat menyembuhkan masalah tersebut. 



Mandi air hangat akan menjadikan kulit lebih kering, dengan air dingin dapat mengecilkan pori-pori kulit dan rambut Anda.

Nah itu info-info menarik yang gak banyak orang tau gan.

Jadi kesimpulan nya nih, MANDI MALAM HARI ITU TIDAK MENYEBABKAN REMATIK. TETAPI BILA MEMANG YANG SUDAH MENGETAHUI BAHWA DIRINYA MEMPUNYAI PENYAKIT REMATIK, MANDI INI LAH YANG AKAN MEMPERPARAH KONDISI ANDA

(gaya gitu lah ngomongnya udah kaya nakes)

Quote:Saran ane sih gan kalo udah mandi aer anget terahirnya bilas sekali pake aer dingin biar pori-pori kulit kita tertutup lagi. Kata Dr.Oz sih itu gan, ane cuman kutip aje kata-katanya.

 
Baca Juga :
Asalasah | Sumber: https://www.kaskus.co.id/thread/58633a3b60e24b181b8b4573/mitos-mandi-malam-sebagai-penyebab-rematik/?ref=homelanding&med=hot_thread