Tips Agar Kamar Mandi Tidak Mudah Lembap

AsalasahUmumnya, kondisi kamar mandi lembap terjadi karena posisi kamar mandi berada di bagian dalam tanpa ventilasi. Kondisi kamar mandi lembap dapat Anda hindari dengan melakukan beberapa cara yang dilansir Rumah.com berikut ini.


Gunakan Exhaust Fan
Pasang exhaust fan atau dengan tipe ceiling mount (terpasang di plafon). Exhaust fan berfungsi untuk mengisap udara lembap dan membuangnya ke luar.

Pastikan terdapat lubang sirkulasi udara pada ruang antara atap dan plafon sehingga udara lembap tak kembali ke kamar mandi.

Bersihkan lubang sirkulasi secara rutin
Pastikan Anda membersihkan lubang sirkulasi udara secara rutin. Debu-debu yang menempel pada lubang udara akan menghambat saluran udara.

Jika jarang dibersihkan kotoran dapat menumpuk hingga menutup lubang sirkulasi. Jika Anda menggunakan exhaust fan bersihkan secara rutin penutup kipas dan baling-balingnya.

Apalagi jika Anda menggunakan filter ventilasi berupa kawat kassa. Jaring kassa yang kecil rentan menjadi tempat debu bersarang.

Perhatikan Kemiringan Lantai Kamar Mandi
Perhatikan kemiringan kamar mandi Anda. Hal ini untuk menghidari terjadinya genangan air. Normalnya kemiringan kamar mandi sebesar 2-3 persen menuju drainase.

Setiap 1 meter jarak horizontal terdapat perbedaan ketinggian 2-3 cm. Letakkan lubang drainase di sudut lantai kamar mandi.

Selain itu gunakan penutup drainase yang filternya besar untuk menghindari mampet karena tersumbat kotoran. Tutup filter yang renggang juga lebih mudah dibersihkan.

Kurangi kadar air dalam kamar mandi
Kurangi tampungan air dalam kamar mandi. Jika Anda masih menggunakan bak mandi atau ember untuk menampung air sebaiknya tinggalkan cara tersebut.

Ganti bak/ember dengan shower sehingga tidak ada tampungan air saat kamar mandi tidak digunakan. Ini dapat mengurangi kelembapan, sekaligus menghemat dan menghindari adanya jentik nyamuk.

Gunakan keramik yang mudah kering
Jenis keramik untuk kamar mandi tentu berbeda dengan keramik untuk ruang lain. Saat membangun kamar mandi gunakan lantai keramik yang mudah kering setelah terkena air. Ini dapat membantu kamar mandi tak mudah lembap.

Tips ini cocok diterapkan pada rumah mungil atau rumah minimalis. Kebanyakan rumah saat ini mengaplikasikan kamar mandi kecil, sehingga hampir selalu basah setiap digunakan.

Asalasah | Sumber: http://properti.liputan6.com/read/2833042/lakukan-ini-agar-kamar-mandi-tidak-mudah-lembap