10 Cara Meningkatkan Motivasi untuk Berolahraga dan Kata Motivasinya

AsalasahAnda tahu bahwa berolahraga itu penting seperti yang dijelaskan di Manfaat dan Prinsip Olahraga Yang benar Bagi Kesehatan. Tetapi memotivasi diri untuk rajin berolahraga sangatlah berat. Cara terbaik untuk terus termotivasi adalah dengan membiasakan diri dengan jadwal olahraga rutin. Ketika Anda berpikir bahwa Anda akan berolahraga mulai besok hari, Anda perlu untuk keluar dan melakukannya saat itu juga. Berikut adalah beberapa cara untuk tetap termotivasi.


1. Tetapkan tujuan yang masuk akal
Tujuan akhir dari olahraga Anda, misalnya “berat badan turun 10 kg”, mungkin terasa terlalu mustahil untuk sekarang, terutama ketika Anda masih baru dalam melakukan olahraga. “Pemula biasanya menginginkan hasil maksimal, tetapi mereka cenderung kewalahan”, kata Gerald Endress, seorang psikolog olahraga di Duke Center for Living di Carolina Utara. Jadi, jangan memaksakan untuk berolahraga selama 1 jam per hari. Melainkan, buatlah tujuan yang lebih masuk akal dan terjangkau oleh kemampuan kita, seperti berolahraga 2 sampai 3 kali seminggu selama 20 – 30 menit.

2. Pantau kemajuan Anda
Buatlah catatan olahraga Anda, bisa dalam jurnal online maupun dalam sebuah buku catatan. Melihat kemajuan seperti berlari lebih cepat, melakukan pengulangan lebih banyak, ataupun peningkatan intensitas dalam olahraga dapat membuat Anda semakin ingin melanjutkannya.

3. Hilangkan rasa bersalah
Realistislah. Anda pasti akan melewatkan beberapa kali jadwal berolahraga. Jika Anda mengetahui bahwa Anda pasti akan “bolos” berolahraga 1-2 kali, mental Anda akan lebih siap menerimanya, dan bukannya malah menjadikannya alasan untuk menyerah.

4. Fokus pada diri Anda sendiri
Akan selalu ada seseorang yang lebih bugar, lebih cepat, atau lebih fleksibel dibanding Anda. Jangan bandingkan diri Anda dengan mereka, kata Endress. Lupakan mereka. Jangan biarkan mereka menghalangi Anda dari tujuan Anda. Waktu olahraga Anda adalah untuk Anda dan tentang Anda.

5. Gunakan grup penyemangat
Carilah orang-orang, baik teman, keluarga, pasangan, rekan kerja, atau tetangga, yang akan menyemangati Anda untuk terus maju. Minta mereka untuk terus melakukan itu.

“Orang tersebut harus bersikap suportif, bukan merendahkan dengan kata-kata seperti, ‘kenapa kamu ngga bisa? Itu kan sangat gampang”, kata Carla Sottovia dari Cooper Aerobics di Dallas. Ketika motivasi yang berubah menjadi kritik, peringatkan teman Anda bahwa Anda tidak membutuhkan omelan.

6. Cari hal yang menyenangkan
Apabila Anda tidak dapat termotivasi, mungkin Anda melakukan aktivitas yang salah. Atau mungkin dulu Anda menyukainya tetapi sekarang menjadi membosankan. Pilih aktivitas yang paling Anda senangi, dan olahraga akan menjadi sesuatu yang Anda tunggu-tunggu. Ingat, olahraga tidak harus selalu di gym. Mungkin Anda lebih baik pergi mendaki gunung atau berenang, lari keliling kompleks sambil menyapa tetangga, atau ikut kelas dance.

7. Mulai dari 7 menit
Paksa diri Anda untuk melakukan suatu olahraga hanya selama 7 menit saja. Setelah selesai, tanya pada diri sendiri, apakah masih mau lanjut? Jika tidak, Anda dapat melakukan beberapa sesi kecil sepanjang hari, dibandingkan satu kali latihan berdurasi panjang.

8. Fleksibel dengan waktu
Ketika Anda terlalu sibuk, jangan habiskan 30 menit untuk bermacet-macet di jalan menuju gym. Gunakan video latihan di YouTube dari rumah saja. Jika Anda terlalu letih untuk olahraga pada malam hari, gunakan alarm Anda untuk bangun dan olahraga lebih pagi.

9. Lupakan masa lalu
Mungkin Anda bukanlah anak yang paling atletis di sekolah, dan selalu jadi bahan tertawaan di pelajaran olahraga. Hal itu sudah lama berlalu. Tujuan Anda sekarang bukan untuk mendapat nilai rapor bagus atau untuk menarik perhatian gebetan di kelas. Anda = berolahraga agar tetap sehat sehingga dapat menikmati hidup Anda.

10. Beri hadiah bagi diri sendiri
Beri diri Anda sendiri penghargaan karena telah berhasil melakukan olahraga. Pilih hadiah seperti baju baru, pijat, lagu baru, video games, apapun yang Anda ingin nikmati.

Kata Motivasi Semangat Olahraga - Kata Mutiara

Olahraga adalah hal yang sangat penting, tapi motivasi untuk berolahraga terkadang lemah. Untuk itu kami hadirkan kumpulan kata-kata mutiara yang muda-mudahan bisa membantu anda untuk rajin berolahraga.

1. saat olahraga anda menyegarkan tubuh anda, sekaligus menyegarkan pikiran anda.

2. atlet olahraga selalu mengajarkan kita hubungan antara latihan, strategi dan prestasi. Dan itu berlaku di setiap bidang kehidupan.

3. Bagi seorang atlet, olahraga adalah keharusan karena disitulah kehidupan mereka berada. Bagi Orang di bidang lain, olahraga juga merupakan keharusan karena hidup tak akan berjalan lancar tanpa olahraga.

4. Anda mungkin bukan atlet olahraga, tapi anda tetap membutuhkan olahraga.

5. Jika anda menggemari sebuah tim olahraga, anda juga harus menggemari semangat hidup sehat mereka.

6. jangan memaksa tubuh anda bekerja dalam keadaan berkarat. Makanlah makanan sehat, dan berolahragalah agar tubuh anda kembali segar.

7. Semua orang membutuhkan olahraga, dan aturan ini berlaku sampai kapanpun.

8. Apapun yang anda makan, anda tak mungkin hidup sehat tanpa olahraga.

9. Bekerja keras yang membutuhkan aktifitas fisik berbeda dengan olahraga. Meskipun tubuh anda bergerak, anda tetap membutuhkan olahraga yang teratur.

10. Dalam olahraga terdapat kesenangan. Dalam olahraga terdapat kesehatan. Dalam olahraga terdapat perjuangan. Dalam olahraga kita menemukan banyak hal.

11. Daripada kelak dengan berat hati mengeluarkan uang jutaan untuk berobat ke dokter. Lebih baik dengan senang hati menginvestasikan waktu untuk berolahraga sejak sekarang.

12. dengan berolahraga secara rutin, anda akan melihat pekerjaan anda selesai dengan lebih cepat dan lebih banyak.

13. Menjadi tamu khusus di rumah sakit selalu membuat anda tersadar akan pentingnya olahraga.

14. olahraga memang tak bisa menghentikan semua penyakit. Tapi olahraga rutin mampu menghentikan sebagian besar penyakit yang ada.

15. jika kesehatan lebih penting dari uang, maka olahraga lebih penting daripada bekerja. diucapkan dengan nada bercanda tapi serius.

16. Olahraga adalah aktifitas fisik, tapi mampu mempertajam pikiran.

17. olahraga berhutang banyak pada teknologi. Karena teknologi membuat manusia lebih sedikit bergerak, yang pada akhirnya olahraga menjadi kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi.

18. dalam kesehatan olahraga sama pentingnya dengan makanan sehat.

19. Alasan utama kita berolahraga bukan karena agar tubuh berotot atau menjadi langsing. Tapi alasannya adalah karena kita membutuhkannya.

19. jika anda menginginkan sukses, maka bekerjalah, jika anda ingin pintar maka belajarlah, jika anda ingin sehat, maka berolahragalah. Aturannya sangat sederhana, tidak ribet

20. Jangan langsung berolahraga seharian penuh, jika anda belum terbiasa. Karena hal itu akan membuat anda tidak mencintai olahraga. Lebih baik sedikit tapi rutin.

21. Olahraga tidak hanya memperebutkan piala kemenangan, tapi juga memperebutkan piala kesehatan. Kesehatan adalah piala terbaik yang bisa anda bawa pulang.

22. Olahraga adalah obat dari segala penyakit, lebih tepatnya olahraga rutin sejak masih muda.

Anda siap untuk berolahraga. Semoga kata-kata bijak ini bisa memberi anda motivasi. Nantikan koleksi kata mutiara kami di edisi berikutnya. 

Asalasah | Sumber: https://hellosehat.com/10-cara-meningkatkan-motivasi-anda-untuk-berolahraga/
http://www.bijakkata.com/2013/07/Kumpulan-kata-kata2-mutiara-bijak-Motivasi-Olahraga.html