Gawat dah! di Tengkorak Selvi Ada Kecoak

AsalasahChennai, Pernah merasakan kecoak berjalan di kulit tangan Anda? Bagaimana rasanya, gelikah? Lalu bagaimana ya jika kecoak ini menyusup sampai ke dekat otak? Inilah yang dialami perempuan India bernama Selvi (42).

Perempuan yang bekerja sebagai pekerja rumah tangga ini mulanya terbangun pada tengah malam lantaran merasakan seperti ada yang merangkak di lubang hidung kanannya. Tak lama dia juga merasa seperti terbakar di area kepala.
Dalam keadaan yang tidak sepenuhnya terjaga, Selvi refleks mengucek hidungnya. Saat itu dia yakin ada serangga yang masuk ke hidungnya. Namun dia tidak sempat melakukan apapun sebelum serangga itu masuk lebih jauh ke rongga hidungnya.

"Ada sensasi kesemutan dan seperti ada yang merangkak. Setiap kali sesuatu itu berpindah, saya merasakan sensasi terbakar di mata," kata perempuan asal Injambakkam, India, dikutip dari Daily Mail.

Tidak tahan dengan apa yang dirasakannya, akhirnya Selvi pergi ke klinik terdekat. Namun petugas medis tidak menemukan apapun di hidung Selvi. Hingga keesokan harinya, dia memutuskan pergi ke Stanley Medical College Hospital di Chennai.

Dokter bagian telinga hidung dan tenggorokan (THT) menggunakan endoskop untuk mencari tahu apa yang terjadi pada Selvi. Sangat mengejutkan ketika dokter melihat sepasang antena serangga yang ternyata adalah kecoak.

Kepala Bagian THT rumah sakit tersebut, dr M N Shankar mengatakan kecoak tersebut bersemayam di rongga hidung yang terletak di antara mata, dekat dengan otak. Dikutip dari Times of India, tampaknya kecoak tersebut terjebak sehingga sulit keluar.

Untuk mengeluarkan kecoak tersebut, dokter mengombinasikan suction dan forsep. Suction merupakan pengisapan lendir untuk mempertahankan jalan napas. Sementara forsep adalah alat yang bentuknya menyerupai sepasang sendok. Jadi kecoak 'diseret' ke suatu tempat, dalam hal ini rongga hidung, kemudian dikeluarkan. Saat keluar, kecoak yang sekitar 12 jam terjebak di tengkorak itu masih dalam keadaan hidup.

Menurut dr S Muthuchitra yang tergabung dalam tim yang menangani Selvi, butuh waktu 45 menit untuk mengeluarkan kecoak tersebut. Kata dr Muthuchitra, timnya selama ini sudah pernah mengeluarkan aneka benda dari rongga hidung seperti manik-manik, baterai kecil, lintah dan sepotong kapur. Namun baru kali ini mereka mengeluarkan kecoak, apalagi dalam ukuran yang cukup besar.

Menurut dokter, jika Selvi mengabaikan sensasi tidak nyaman yang dirasakan, kecoak pada akhirnya akan mati di dalam tengkorak. Akan tetapi berisiko terjadinya infeksi yang menyebar ke otak.

Asalasah | Sumber: https://health.detik.com/read/2017/02/06/173104/3415086/763/astaga-ada-kecoak-hidup-di-tengkorak-selvi