GAWAT! KTP Palsu Jakarta Beneran Beredar! Dikirim dari Kamboja

AsalasahPetugas Bea dan Cukai Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, mengamankan paket kartu tanda penduduk (KTP) palsu yang dikirim dari Kamboja. KTP palsu tersebut 'terbitan' Provinsi DKI Jakarta.

"(Tertulis KTP) Jakarta semua," ujar Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea-Cukai Deni Surjantoro.
Deni mengatakan pihaknya masih mendalami temuan KTP palsu tersebut. Namun ia enggan membeberkan alamat tujuan pengiriman KTP yang dikirim via jasa ekspedisi itu.

"Masih dilakukan penelitian," imbuh Deni.

Sebelumnya Dirjen Bea dan Cukai Heru Pambudi mengatakan paket KTP palsu itu tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada 3 Februari 2017 melalui jasa ekspedisi. Selain KTP, petugas menemukan kartu NPWP, buku tabungan, dan kartu ATM pada paket tersebut.

"Sesuai dengan prosedur, petugas lapangan melakukan pemeriksaan rutin atas barang-barang yang dikirim melalui perusahaan jasa titipan, termasuk yang lewat FedEx ini," ujar Heru.

Petugas menemukan dokumen palsu tersebut setelah melakukan pemeriksaan terhadap fisik barang dengan menggunakan X-ray. Pemeriksaan tersebut didampingi petugas dari pihak ekspedisi.

Temuan pengiriman KTP palsu tersebut saat ini masih didalami oleh pihak Bea-Cukai, aparat polisi, serta Kementerian Dalam Negeri/Dukcapil. Belum diketahui motif pelaku terkait dengan KTP tersebut.

Dalam foto yang diterima detikcom, foto wajah 'pemilik' KTP ada yang lelaki dan perempuan. Penerbit KTP ditulis di beberapa kantor kecamatan di Provinsi DKI Jakarta.  

Asalasah | Sumber: https://news.detik.com/berita/d-3418557/ini-penampakan-ktp-palsu-terbitan-dki-dari-kamboja