Manfaat dan Prinsip Olahraga Yang benar Bagi Kesehatan

AsalasahOlahraga sangat penting dalam pendekatan gaya hidup sehat secara total. Olahraga yang baik tidak harus mahal. Jalan cepat (jogging) merupakan salah satu olahraga terbaik. Olahraga dan nutrisi yang baik adalah dua elemen yang penting, bergandengan tangan dan saling memberi manfaat. Dengan berolahraga dapat memberikan nafsu makan yang lebih baik, sementara makanan yang baik seperti makanan vegetarian yang sehat akan meningkatkan stamina dan daya tahan untuk berolahraga. 
Diperkirakan karena kurangnya olahraga teratur saja telah menyebabkan sepertiga dari kematian yang tidak perlu akibat tiga penyakit pembunuh tertinggi di Amerika yaitu : penyakit jantung, kanker kolon, dan diabetes.

Manfaat olahraga

1. Program olahraga selama 16 minggu dengan jalan cepat selama 30-40 menit atau selama empat kali seminggu akan meningkatkan kualitas tidur, durasi serta mudahnya tidur bagi yang menderita penyakit sulit tidur (insomnia).

2. Tidak mudah terserang penyakit

  • Wanita yang aktif 30% jarang terserang batu empedu dibanding wanita yang banyak duduk saja. 
  • Orang yang aktif lebih jarang terserang penyakit kanker kolon dan kanker lainnya. 
  • Olah raga sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung. Olah raga dapat memperlancar peredaran darah dan mencegah penggumpalan darah. 
  • Olah raga menjaga tingkat HDL (kolesterol baik) dalam darah
  • Olah raga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Olah raga dapat menurunkan risiko penyakit diabetes.
  • Olah raga akan menguatkan tulang dan sangat ampuh memerangi osteoporosis (keropos tulang). 


3. Olah raga memberikan rasa segar pada tubuh, otot-otot yang kaku menjadi lebih fleksibel, dan  juga memberikan rasa rileks pada orang yang depresi dan stress.

4. Olah raga teratur meningkatkan system kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit seperti flu, infeksi, dan sebagainya.

Prinsip olahraga yang benar : 

1. Pilih olah raga yang disukai, dalam kondisi fisik tertentu sebaiknya minta nasehat dokter sebelum melakukan olahraga.
2. Olah raga setidaknya 3 kali seminggu selama 30-40 menit dan tidak lebih dari 6 kali seminggu supaya tubuh memiliki satu hari untuk istirahat.
3. Jalan cepat (jogging), berenang, adalah olah raga terbaik.
4. Sebelum berolah raga harus didahului dengan pemanasan sekitar 5 menit, setelah berolah raga juga sebaiknya ditutup dengan pendinginan sekitar 5 menit juga.
5. Olah raga dilakukan diluar ruangan, sedapat mungkin diantara pohon-pohon yang akan memberikan udara segar.
6. Jangan berolah raga setelah selesai makan, tunggu setidaknya 2 jam kemudian.
7. Minum air putih setiap 20 menit olah raga, bila olah raga agak berat minum lebih banyak supaya tidak dehidrasi.

Sesuatu yang baik jika dilakukan secara berlebihan akan menjadi tidak baik. Olah raga secara berlebihan juga akan melemahkan daya tahan tubuh, sebaiknya melakukan olah raga secukupnya saja. Oleh karena itu, marilah kita tingkatkan kualitas hidup dan kesehatan dengan berolah raga secara teratur. 

Asalasah | Sumber: Michael jacob