Rumus Segitiga Kesuksesan yang Perlu Anda Ketahui

AsalasahSegitiga Kesuksesan S (Success Triangle) adalah sebuah metafora bahwa kesuksesan sejatinya akan dapat kita nikmati ketika kita telah memiliki M (momentum/Waktu), K (kemampuan/Skill) dan L (lingkungan/Ecology).

Berikut penjelasannya :


1. Banyak orang yang telah memiliki momentum kesuksesan dengan pemberian peluang kesuksesan di depan mata, namun ketika kemampuan untuk tidak mendukung maka semua sirna. Kasus ini dapat diibaratkan ketika kita mendapat penawaran proyek pembangunan hotel yang nilainya milyaran demikian pula keuntungannya. Namun ketika kita tidak memiliki kemampuan tentang proyek tersebut,maka kita tidak akan bisa sukses melalui proyek tersebut.

2. Begitu pula ketika seseorang yang telah memiliki Momentum dan kemampuan namun ketika lingkungan tidak mendukung, maka orang tersebut tidak bisa apa-apa. Bukankah kesuksesan membutuhkan orang lain dibelakang kita? Bagaimana bisa kesuksesan diraih ketika lingkungan tidak kondusif mendukung kesuksesan kita.

3. Begitu pula Lingkungan yang sudah tertata dan mendukung kita untuk sukses, dan kemampuan telah kita miliki. Sedangkan Momentum belum ada, Maka kesuksesan pun juga belum bisa kita rasakan.

Nah dari ketiga elemen kesuksesan tersebut, elemen Lingkungan dan elemen Kemampuan adalah elemen yang berada dalam lingkaran pengaruh manusia. Elemen K dan elemen L adalah IKHTIAR manusia menuju kesuksesan. Artinya seseorang bisa mengubah sisi elemen tersebut. Maksudnya dalam elemen K, ketika seseorang belum memiliki kemampuan,maka tugas dia adalah mencari kemampuan yang sesuai dengan passion-nya.
Demikian pula dalam elemen L, maka carilah lingkungan yang kondusif agar kita dapat tumbuh dan berkembang mengasah Kemampuan yang telah kita miliki.

Jika elemen K dan elemen L telah kita miliki, maka yang harus kita lakukan adalah berusaha dan perbanyak doa kepada Tuhan, dengan berTAWAQAL kepadaNya. Karena unsur M adalah Takdirnya. Ketika dia telah menentukan saatnya Momentum tiba sedangkan Kemampuan dan Lingkungan telah siap,maka kesuksesan ada di depan mata. Dan anda dapat meraihnya segera dengan Kemampuan dan lingkungan yang anda punya.

Bagaimana dengan anda, sudahkah Kemampuan dan Lingkungan anda telah mendukung jika ternyata Momentum Kesuksesan itu tiba di hari ini juga???

Salam Berbagi Senantiasa

Asalasah | Sumber: A. Setiawan http://fery-coretan.blogspot.co.id/2010/02/segitiga-kesuksesan.html