Ternyata Begini Cara Kerja Obat Antibiotik Membunuh Bakteri

AsalasahSetiap ada kejadian infeksi bakteri, para dokter biasanya akan memberi obat antibiotik untuk melawan penyakit. Namun bagaimana sebenarnya Cara Kerja Obat Antibiotik Membunuh Bakteri belum terungkap detail.

Sampai pada akhirnya tim peneliti gabungan membuat alat berukuran kecil, tak lebih besar dari sehelai rambut manusia, untuk mengungkap hal tersebut. Hasilnya dilaporkan dalam jurnal Nature bahwa antibiotik menggunakan mekanisme kekerasan untuk melawan bakteri.

Ternyata Begini Cara Kerja Obat Antibiotik Membunuh Bakteri

Dari empat jenis antibiotik yang diteliti, obat yang paling efektif adalah antibiotik yang dapat lebih menggunakan kekerasan merobek dinding-dinding sel bakteri. Satu jenis antibiotik bernama Oritavancin disebut paling baik menggunakan strategi ini.

"Tidak ada yang pernah memikirkan sebelumnya bahwa antibiotik memakai kekerasan mekanik untuk membunuh target mereka. Kekerasan ini sepertinya penting ketika kita berbicara seberapa efektif suatu obat," ungkap salah satu peneliti Dr Jospeh Ndieyira dari University College London.

"Penelitian ini akan membantu kita dalam menciptakan antibiotik generasi baru, untuk melawan infeksi bakteri yang sudah kebal obat," lanjut Jospeh seperti dikutip dari BBC, Senin (6/2/2017).

Ternyata Begini Cara Kerja Obat Antibiotik Membunuh Bakteri | asalasah.com

Dr Paul Hoskisson dari University of Strathclyde berkomentar bahwa memang masih banyak hal mengenai antibiotik yang dapat dipelajari. Oleh karena itu ketika aspek-aspek seputar antibiotik mulai terungkap manusia juga jadi dapat membuat hal yang lebih baik.

"Studi ini juga menunjukkan bahwa mungkin dengan mengubah sedikit antibiotik yang sudah ada kita dapat meningkatkan efektivitas obat yang sudah kita miliki," pungkas Paul.

Asalasah | Sumber: https://health.detik.com/read/2017/02/06/200255/3415229/763/antibiotik-gunakan-kekerasan-untuk-membunuh-bakteri