Mengapa Lidah Bengkak Muncul Bundaran Sampai Tidak Bisa Makan?

Asalasah ~ MengapaLidah bisa BengkakSampai Tidak Bisa Makan? Apakah sobat asalasah pernah mengalami hal yang seperti demikian? Mari kita simak pertanyaan pasien dan dokter berikut ini yang dikutip dari alodok ter.

Pertanyaan Pasien:

Dok saya mau tanya Mamah saya lidahnya bengkak dan ada seperti bundaran berwarna kuning, itu penyakit apa ya dok? Sudah sebulan tidak bisa makan cuma bisa minum air, sudah sempat ke dokter spesialis penyakit dalam, bundaran kuning itu mengecil tapi bengkaknya masih, bagaimana cara mengobatinya dok

Jawaban Dokter:


Halo Rheyrii,

Lidah merupakan suatu organ yang penting bagi proses pencernaan, terutama saat makanan masih berada di rongga mulut, dan memiliki fungsi untuk artikulasi saat berbicara. Bila melihat dari deskripsi Anda dimana terjadi pembengkakan lidah, dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti peradangan pada lidah, reaksi alergi, iritasi pada lidah, proses kegenasan, trauma, kekurangan vitamin, infeksi bakteri / jamur, kondisi gangguan imun tertentu, dan masih banyak lagi. Sulit bagi kami untuk menentukan penyebab dari kondisi ini tanpa melihat lesi secara langsung. Bila sebelumnya Anda sudah menemui dokter spesialis penyakit dalam, dan diberikan terapi, sebaiknya Anda mengonsumsi obat tersebut secara teratur dan sesuai dengan aturan pakai. Setiap penyebab dari pembengkakan pada lidah memiliki terapi yang berbeda-beda. Bila kondisi tidak kunjung membaik, dan nafsu makan semakin menurun sampai sulit untuk menelan atau kesuliltan berbicara, kami sarankan Anda kembali menemui dokter yang merawat Anda untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, dan mendapatkan terapi yang sesuai. Untuk sementara yang bisa Anda lakukan diantaranya:

  • Menjaga kebersihan rongga mulut
  • Sikat gigi sebelum tidur untuk mencegah tumpukan makanan yang dapat menjadi fokus infeksi
  • Tidak merokok dan konsumsi alkohol
  • Penuhi kebutuhan cairan bagi tubuh AMDA setiap harinya
  • Penuhi Asupan nutrisi setiap harinya - konsumsi makanan dengan konsistensi lebih lunak
  • Mengonsumsi obat yang telah diberikan secara teratur
Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, dr Prasetyo


A s a l a s a h | sumber: http: //www.alodokter.com/komunitas/topic/lidah-bengkak-sampai-tidak-bisa-makan