Pakai Handuk Atau Biarkan Air Di Muka Kering Secara Alami?

Asalasah ~ Anda bingung baiknya sis air setelah mandi atau cuci muka dikeringkan pakai handuk atau dibiarkan saja ? berikut ada pertanyaan dari seorang pasien yang bagus sekali.

Dok, boleh kan kalau setelah cuci muka (dengan produk sabun cuci muka yang cocok dengan jenis kulit wajah saya) dan setelah mandi saya tidak mengeringkan wajah dan badan dengan handuk, tetapi saya biarkan kering dengan sendirinya (kering secara alamiah)?


Halo Rahayu,

Ya, tidak apa-apa jika Anda tidak mengelap pakai handuk setelah mandi selama Anda tidak memiliki masalah pada kulit seperti jamur atau luka terbuka. Tetapi pastikan agar badan Anda sudah benar-benar kering ketika akan mengenakan pakaian agar pakaian tidak basah. Menggunakan pakaian yang basah bisa memicu masalah pada kulit mislanya infeksi jamur.

Setelah kulit tidak basah lagi, oleskan pelembap untuk menjaga kelembapan kulit. Khusus untuk wajah, akan lebih baik jika beberapa saat setelah mencuci muka lalu dikeringkan dengan tisu yang bersih dengan cara ditepuk ringan saja lalu oleskan pelembap dan tabir surya jika keluar rumah. Hal ini dilakukan untuk menjaga kulit agar tetap lembap dan terlindung dari sinar matahari.

Kenali Cara Tepat Menjaga Kesehatan Kulit

Jangan biarkan aktivitas sehari-hari merusak kesehatan kulit Anda. Di bawah ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan kulit.


  • Bersihkan wajah dua kali sehari. Membersihkan kulit wajah merupakan hal yang sangat penting guna menghilangkan bakteri dan kotoran, serta menjaga kesehatan kulit. Terlebih lagi setelah aktivitas seharian dan menggunakan kosmetik.
  • Jaga kelembapan kulit Anda. Menjaga kelembapan kulit tidak kalah penting dengan membersihkan wajah. Pelembap dapat membantu dalam menjaga kulit agar tidak kering dan melindunginya dari cuaca atau faktor lingkungan yang dapat merusak kulit Anda. Selain itu, ahli kulit sehat juga menyatakan bahwa memberikan pelembap pada wajah juga dapat membantu kulit mempertahankan tingkat kelembapan alaminya.
  • Berikan kulit Anda perlindungan terhadap matahari. Melindungi kulit dari sinar matahari merupakan hal yang sangat penting, sekalipun Anda tidak beraktivitas di bawah matahari terik. Penting diketahui, sinar matahari dapat merusak lapisan kulit Anda dan dapat membuatnya terlihat kusam, keriput, dan masalah kulit lainnya. Gunakan krim pelindung sinar matahari atau tabir surya, meski saat cuaca mendung, setidaknya dengan SPF 15. Setidaknya, gunakan tabir surya 15-20 menit sebelum Anda keluar ruangan, juga dua jam sesudahnya bila Anda masih terekspos di bawah sinar matahari.
Rahasia Ahli Kulit Sehat Ada Pada Kandungan Perawatan Kulit Anda

  • Guna menjaga kesehatan kulit, Anda tidak hanya perlu membersihkan kulit secara teratur. Anda juga perlu memerhatikan kandungan yang ada pada produk perawatan kulit Anda. Ahli kulit sehat menyatakan bahwa pembersih dan perawatan kulit yang baik adalah yang tidak merusak kondisi kulit Anda dan dapat mengembalikan kelembapan alami kulit.
  • Pembersih Pembersih yang baik adalah yang tidak merusak lapisan kulit. Gunakanlah pembersih wajah dengan bahan ringan, mengandung stearyl alcohol sehingga busa tidak berlebih, tidak berwarna, dan tidak berbau atau mengandung parfum. Hal ini dimaksudkan agar dapat menjaga kesehatan kulit dengan baik dan tidak menimbulkan iritasi.
  • Pelembap kulit Bagi Anda yang memiliki kulit kering, gunakanlah pelembap kulit yang mengandung dimethicone, sodium PCA, shea butter, panthenol, dan cyclopentasiloxane. Bahan-bahan ini memiliki kandungan yang sangat baik untuk mengatasi masalah kulit kering, anti radang, pelindung kulit terhadap sinar matahari, dan tidak mengiritasi kulit. Sementara, untuk Anda yang memiliki  kulit normal, Anda dapat menggunakan pelembap dengan kandungan cylomethicone. Dan bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, bisa menggunakan pelembap kulit dengan berbahan dasar air.
  • Tabir surya Untuk tabir surya, gunakanlah krim pelindung yang bertuliskan broad-spectrum. Tabir surya seperti ini biasanya memberikan pelindungan kulit terhadap sinar UVA dan UVB. Ingatlah untuk menggunakan tabir surya setidaknya dengan SPF 15.

Menjaga kesehatan kulit bukanlah hal yang sulit, asalkan kita melakukannya dengan teratur dan tahu kandungan produk perawatan kulit yang kita butuhkan. Kini, Anda sudah tahu apa saja rahasia ahli kulit sehat dalam menjaga kulit tetap sehat, cantik, dan bebas kusam, bukan? Yuk, praktikkan beberapa cara di atas dan dapatkan kulit segar dan sehat idaman kita semua. 

Asalasah | Sumber: http://www.alodokter.com/komunitas/topic/mengeringkan-secar-alamiah