Penyebab Tulang Belakang Miring (Skoliosis) dan Tips Memperbaikinya

Asalasah ~ Seorang pasien berusia remaja bertanya seperti ini :

Assalamualaikum, dokter Saya berumur 13 THN saya penderita skoliosis dan saya suka berolahraga voli apa voli baik untuk saya?

Jawaban Dokter :


Selamat siang,

Skoliosis adalah keadaan dimana tulang belakan yang seharusnya berada dalam satu garis lurus mengalami miring ke salah satu sisi. Sebagian besar dari kasus skoliosis adalah akibat kesalahan postur sehari-hari, seperti :

  • Membawa tas yang berat di salah satu sisi saja,
  • Kebiasaan tidak tegap saat berdiri
  • Kebiasaan mengantongi dompet tebal di kantung belakang celana, sehingga berat badan tubuh tidak terdistribusi secara merata.
  • Kebiasaan duduk santai yang tidak tegak, sehingga tulang belakang berusaha mengikuti bentuk sandaran.

Untuk olahraga sendiri semua bagus untuk kesehatan tubuh, namun tidak ada satu olahraga khusus yang memang khusus diperuntukkan untuk orang pengidap skoliosis. Namun jika skoliosis sudah menimbulkan gejala seperti nyeri punggung, maka olahraga yang paling tepat adalah berenang, karena berenang tidak memberikan beban yang besar pada tulang belakang.

Saran Saya agar Anda mulai memperbaiki postur tubuh sehari-hari Anda. Jika keluhan terhadap skoliosis Anda bertambah berat, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis tulang agar dapat dilakukan evaluasi terhadap skoliosis Anda, sehingga jika membutuhkan tindakan untuk mengkoreksi skoliosis tersebut dapat dilakukan lebih awal dan tidak terlambat.

Sekian informasi dari Saya, semoga bermanfaat.

dr.Anthony

Video Trailer Olahraga untuk pencegahan dan perbaikan skoliosis


Asalasah | Sumber: http://www.alodokter.com/komunitas/topic/apa-olahraga-ini-baik-bagi-skoliosis