Rahang Berbunyi dan Sakit Saat Membuka Mulut dan Mengunyah

Asalasah ~ Asalamualaikum dok, selamat pagi Saya mau bertanya dok, beberapa bulan belakangan ini rahang saya suka sakit saat membuka mulut dan mengunyah, juga disertai bunyi kltuk, dan sekarang sakit nya menjalar ke kepala sebelah kir atas telinga belakang, rasa sakitnya itu seperti memar yg tersentuh dok, dan rasa itu muncul ketika saya membuka mulut dok, yg ingin saya tanyakan apakah sakit kepala saya itu berhubungan dengan sakit di rahang kiri saya, penyakit apakah itu dan ke dokter apa saya harus periksa ? Terima kasih dok

Pernahkah anda mengalami hal serupa? di mana rahang Anda sedikit bermasalah hingga sakit saat membuka mulut?

Jawaban Dokter :

Kami memahami kekhawatiran Anda. Berdasarkan gejala yang anda sampaikan, kami menduga bahwa gejala tersebut bisa jadi awal tanda-tanda Gangguan sendi rahang atau TMJ disorder (TMD). Gejala yang lainnya yaitu kesulitan dalam membuka menutup mulut, dan gejala-gejala khas lainnya yang timbul pada gangguan ini meliputi gerak rahang yang terbatas, gerakan buka tutup mulut yang tidak sesuai jalur atau ada deviasi, Sakit pada daerah wajah, sakit pada leher, sakit pada sekitar sendi rahang, bunyi seperti bunyi krek/kletuk yang dapat disertai atau tidak disertai sakit pada saat membuka dan menutup mulut, rasa tidak nyaman pada saat mengunyah makanan, seperti pada keadaan yang Anda alami, kekakuan pada rahang, perubahan posisi gigitan gigi atas terhadap gigi bawah,dan ada pula gejala lain yang tidak spesifik seperti sakit pada telinga, kepala dan punggung.

Kelainan pada sendi rahang seperti yang Anda alami memang tidaklah terjadi tiba-tiba. Dapat disebabkan karena trauma, mungkin dulu pernah terbentur di daerah tersebut. Atau bisa juga karena kebiasaan buruk, seperti bruxism yaitu kebiasaan mengerat gigi pada saat tidur malam. Mungkin juga karena susunan dan hubungan gigitan rahang atas bawah yang kurang baik, adanya perawatan gigi yang kurang baik kualitasnya (seperti tambalan atau mahkota tiruan) yang menyebabkan oklusi / penutupan gigi yang kurang nyaman sehingga rahang sedikit bergeser untuk mencari posisi yang nyaman saat menutup mulut. Untuk mengetahui hal yang terkait dengan kelainan pada sendi rahang Anda maka perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung.

Kelainan sendi rahang cukup berbahaya bila dibiarkan karena rasa sakit dapat menjadi lebih berat, dan sendi rahang dapat menjadi rusak, bergeser, atau diskusnya yang rusak. Rasa sakit kepala bisa jadi salah satu akibat sakit pada rahang sebelah kiri. Oleh karena itu kami sarankan Anda segera berkonsultasi ke dokter gigi spesialis prosthodontik atau orthodontik untuk mendapatkan perawatan. Perawatan yang akan diberikan sangat bergantung kepada kasus, dapat dengan terapi obat-obatan saja atau dengan operasi bila kondisi kelainannya memang sudah berat.

Semoga jawaban kami mengenai rahang sakit saat membuka mulut dan mengunyah dapat membantu anda 
Asalasah | Sumber: http://www.klikdokter.com/tanya-dokter/read/2931443/rahang-sakit-saat-membuka-mulut-dan-mengunyah