Rhinitis dan Cephalgia, Kepala Sakit Nyut-Nyutan Ketika Mencium Aroma Pekat

Asalasah ~ Pertanyaan dari pasien kali ini berkenaan dengan penyakit rhinitis. Rinitis adalah radang selaput hidung. Rhinitis alergi ditandai dengan gejala kompleks yang terdiri dari kombinasi dari: Bersin, hidung tersumbat, gatal hidung, dan Rhinorrhea. Mata, telinga, sinus, dan tenggorokan juga dapat terlibat. Rhinitis alergi adalah penyebab paling umum dari rhinitis. Ini adalah kondisi yang sangat umum, mempengaruhi sekitar 20% dari populasi.

Meskipun rinitis alergi bukan kondisi yang mengancam jiwa, komplikasi dapat terjadi dan kondisi secara signifikan dapat mengganggu kualitas hidup, yang mengarah pada sejumlah biaya tidak langsung.

Pertanyaan tentang Rhinitis.

Dok,saya tazky umur 19thn. keluhan saya pusing yang sangat sampai pernah pinsan pada tahun lalu. Lalu saya ke poli syaraf dan di rujuk untuk ct scan oleh dokter tersebut dan dirawat selama 3 hari. Setelah itu saya dapat hasil ct scan yang menunjukan bahwa saya terkena Rhinitis. Rhinitis kan dari hidung karna alergi gitu, tapi saya aneh dok tiap saya cium wangian yg nyegak saya selalu pusing yang sangat sangat dan suka mual jg. Terus menurut dokter saya harus periksa ke tht atau tidak supaya rhinitis saya sembuh?

Jawaban dari Dokter

Halo Tazkiyah....... Terimakasih atas pertanyaan Anda. Kondisi yang Anda alami berupa sakit kepala, dimana dalam bahasa medis disebut sebagai cephalgia, memang dapat disebabkan oleh karena rhinitis maupun jika mencium bau - bauan tertentu. Jika Dokter Spesialis Neurologi menemukan pemicu timbulnya sakit kepala Anda berasal dari rhinitis, maka sebaiknya Anda menemui Dokter Spesialis THT agar dilakukan serangkaian penanganan lebih lanjut. Kami menyarankan kepada Anda untuk mengikuti saran dan juga pengobatan yang nantinya diberikan oleh Dokter yang Anda temui disertai dengan melakukan pola hidup sehat. Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan dalam rangka menuju pola hidup yang lebih sehat, yaitu : makan makanan yang sehat dan bergizi tepat waktu, minum air putih minimal 2 Liter perhari, jangan begadang, kelola stress psikologis, perbanyak makan buah dan sayur, olahraga teratur sesuai dengan kemampuan. Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, Dr. Jati 

Asalasah | Sumber: http://www.alodokter.com/komunitas/topic/rhinitis-7