Uruguay Jadi Negara Pertama Yang Melegalkan Penjualan Ganja Di Tempat Umum

AsalasahMontevideo: Uruguay dilaporkan menjadi negara pertama di dunia yang akan mengizinkan ganja dijual secara terbuka, lapor BBC.

Menurut asisten khusus presiden, Juan Andres Roballo, mengatakan undang-undang baru itu memungkinkan farmasi di seluruh negeri menjual ganja mulai Juli ini setelah tiga tahun proses melegalkan penjualan obat tersebut.


Mengutip laporan Reuters, Roballo mengatakan pemerintah berharap ia dapat menjamin 'kemurnian' dan kualitas produk tersebut karena ganja yang dijual farmasi itu ditanam pihak yang diberi lisensi oleh pemerintah.

"Ini bukan untuk mempromosikan, tapi bersaing dengan pasar ilegal" katanya.

Dalam undang-undang itu, mereka yang berbisnis harus berusia minimal 18 tahun dan mendaftar dengan pemerintah dan harga yang ditetapkan yaitu £ 1.00 untuk satu gram.

Selain itu mereka yang bisa mendaftar sebagai pembeli adalah warga atau penduduk tetap Uruguay dan dapat membeli sampai 40 gram per bulan di mana hingga kini sudah ada 16 farmasi yang mendapat izin untuk menjual ganja itu.


Di bawah pemerintahan Presiden Mujica, Uruguay menjadi negara pertama mengizinkan penanaman (untuk penggunaan sendiri), distribusi dan penggunaan marijuana pada 2013.

Asalasah | Sumber: http://www.siakapkeli.my/2017/04/uruguay-negara-pertama-di-dunia.html