4 Ponsel Ini Sengaja Diciptakan untuk Lansia

AsalasahMenggenggam dan menggunakan ponsel dengan berbagai fitur yang terdapat di dalamnya bukanlah hal yang sulit bagi kamu yang sudah melek teknologi. Bagi kaum muda atau para pengguna ponsel paruh baya, menjalankan smartphone kekinian pun bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi mereka para orang tua yang sudah menginjak masa lanjut usia (lansia).

Di Indonesia sendiri, ponsel sangat jarang digunakan oleh para lansia. Layar yang kecil dan canggihnya fitur yang dibenamkan pada ponsel, membuat mereka kesulitan untuk menggunakan sebuah ponsel.

Padahal, dengan adanya ponsel di dekat mereka, setiap anggota keluarga bisa tetap mengetahui keberadaan orang tuanya. Hal ini juga bisa membantu mereka terkena gejala demensia (pikun) sejak dini.


Ponsel yang digunakan oleh para lansia hendaknya memang tidak serupa dengan ponsel yang kebanyakan digunakan para pengguna berusia muda. Ponsel tersebut tidak perlu memiliki paket internet atau koneksi data yang membantu mereka mengeksplorasi dunia maya.

Keberadaan pulsa bisa menjadi hal krusial yang penting tersedia di ponsel milik para lansia. Dengan begitu mereka bisa dengan mudah menjalin komunikasi jarak jauh dengan anak-anak atau cucu mereka.

Ponsel dengan kriteria tersebut di atas sebenarnya telah diciptakan oleh para produsen ponsel dunia. Meski keberadaannya tidak dikenal secara massal, nyatanya ponsel-ponsel tersebut bisa membantu para orang tua untuk tetap berkomunikasi dengan keluarganya.

Apa saja ponsel-ponsel tersebut? Simak ulasannya berikut ini:

1. Samsung Jitterbug Touch 3

Sumber : bigcommerce.com

Ini adalah salah satu ponsel pintar keluaran produsen ternama Samsung, yang sengaja diciptakan untuk para orang tua. Ponsel ini memiliki bodi yang tidak terlalu besar, namun mampu memberikan pengalaman berkomunikasi yang baik bagi orang tua.

Ponsel ini dikemas dengan tampilan Android modern dengan ukuran tulisan yang besar. Tampilan antarmuka ponsel ini juga sederhana, sehingga memudahkan penggunanya memilih menu yang tersedia.

Meski sederhana, ponsel ini telah dilengkapi dengan RAM 1GB dan prosesor Qualcomm Snapdragon 200 MSM8610. Selain itu, penggunanya bisa melakukan penjelajahan di dunia maya melalui fitur Internet yang tersedia di ponsel ini.

Anak atau kerabat pengguna ponsel ini bisa memasukkan paket internet atau pulsa untuk menjalankan koneksi internet. Pembelian keduanya bisa dilakukan secara online melalui gerai penjualan online.

Salah satunya melalui situs web Traveloka yang menyediakan penjualan saldo atau paket data internet. Traveloka Pulsa adalah salah satu layanan yang bisa digunakan oleh para pembeli untuk melakukan pembelian dan pengisian ulang, di mana saja dan kapan saja.

2. Nokia 108

Sumber : azureedge.net

Jangan anggap sepele dengan ponsel Nokia, karena tampilan beberapa ponsel keluaran produsen ini kerap baik digunakan bagi para lansia. Salah satunya melalui seri Nokia 108. 

Ponsel ini memiliki bodi ringan dengan warna yang beranekaragam. Selain itu, ponsel ini dilengkapi dengan baterai yang tahan lama, bahkan bisa digunakan hingga 31 hari. 

Penggunanya juga bisa menghilangkan penat dengan menjalankan permainan khas Nokia yang tersedia di ponsel ini. 


3. Emporia Euphoria


Ini merupakan salah satu ponsel yang diciptakan khusus oleh produsen ponsel asal Austria. Ponsel ini memiliki tampilan warna yang cerah dengan layar yang lumayan besar. Dengan demikian, ponsel ini bisa dengan mudah digunakan oleh para lansia, terutama bagi mereka yang mengalami gangguan penglihatan. 

Ponsel ini juga dilengkapi dengan kamera beresolusi 2MP yang memudahkan penggunanya untuk mengambil gambar dimanapun mereka berada. Selain itu, ada pula tombol panggilan khusus, yang memudahkan mereka melakukan panggilan telepon di saat mendesak. 

4. Just5 CP10S


Ponsel ini terbilang memiliki tampilan unik yang sangat menarik. Warna-warni yang tampak menonjol pada bagian tombol angka, membuat ponsel ini menjadi sangat khas. 

Fitur yang terdapat di ponsel ini juga tidaklah banyak bahkan cenderung sederhana, sehingga memudahkan para lansia saat mengoperasikan ponsel ini sehari-hari. 

Selain warnanya yang unik, ponsel ini juga dilengkapi dengan senter dan radio yang bisa digunakan saat diperlukan. Saat keadaan gelap, penggunanya tetap bisa mengakses kontak yang terdapat di buku telepon, melalui tombol akses yang terdapat di bodi belakang ponsel. Tombol ini juga bisa digunakan saat keadaan darurat. 

Itulah empat ponsel yang bisa kamu jadikan referensi untuk diberikan kepada kakek atau nenekmu. Dengan memiliki salah satu dari keempat ponsel ini, dijamin komunikasi kamu dengan mereka akan semakin lancar terjalin. Jadi, yang manakah ponsel pilihanmu?