Apa Bahaya Penderita Cacar Air Pakai Kipas Angin ?

Asalasah ~ Anda kena cacar dan ingin tidur namun kepanasan? ingin pakai kipas angin bagaimana ya? Yuk simak pertanyaan pasien dan jawaban dokter berikut ini :

Dok... Saya mau bertanya, kira" boleh ga ya yg terkena penyakit cacar air memakai kipas angin saat mau tdr.

Jawaban dari dokter mengenai cacar :
Cacar air, atau dalam dunia medis disebut dengan varisela, merupakan infeksi yang disebabkan oleh virus Varicella zoster. Virus ini menyebabkan munculnya ruam kulit yang awalnya kemerahan, lalu lama kelamaan menjadi berair, kemudian pecah dan mengering. Ruam ini, khasnya muncul awalnya di bagian tengah tubuh (seperti perut, dada), lalu kemudian menyebar ke bagian di sekitarnya (seperti tangan dan kaki).

Virus Varicella zoster sangat mudah menular dari 1 orang ke orang lainnya. Penularan dapat terjadi melalui kontak langsung dengan pengidap atau lewat percikan cairan saat pengidap bersin atau batuk. Risiko penularan paling tinggi saat 1-2 hari sebelum ruam muncul hingga saat ruam mengering menjadi koreng.

Menggunakan kipas angin bagi penderita cacar air sesungguhnya tidak berbahaya. Namun, penggunaan kipas angin ini akan membuat tubuh penderita cacar air akan merasa lebih tidak nyaman, terutama saat sedang dalam masa demam. Selain itu, penggunaan kipas angin pun dapat mempermudah virus untuk menyebar di ruangan. Jika ada orang lain yang berada dalam 1 ruangan dengan penderita saat virus-virus ini tersebar, maka risiko penularan bisa meningkat berkali lipat.

Karenanya, sebaiknya Anda hindari menggunakan kipas angin saat sedang mengalami cacar air ya.. Untuk membantu menjaga sirkulasi udara di lingkungan, Anda bisa siasati dengan membukan jendeladan pintu, menggunakan pakaian yang longgar dan berbahan sejuk, atau menggunakan AC (air conditioner).

Sementara itu, untuk membantu proses penyembuhan cacar air, Anda bisa lakukan tips berikut:

  • Periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapat pengobatan yang tepat
  • Perbanyak minum air putih 8-12 gelas perhari
  • Mandi 2x sehari menggunakan sabun antiseptik
  • Hindari memencet atau mengelupasi ruam cacar
  • Hindari bertukar pakaian dengan orang lain

Semoga membantu ya.. 

Asalasah | Sumber: http://www.alodokter.com/komunitas/topic/tentang-cacar