Apa Benar Masturbasi Atau Onan! bikin Kanker Prostat? Jawaban Dokter ini Mencerahkan. Yuk Baca

Asalasah ~ Berikut ini ada seorang pasien yang bertanyaan persoalan masturbasi dan hubungannya dengan kanker Prostat. Yuk sobat asalasah kita baca dan simak jawaban dokter berikut ini. 

Pertanyaan Seorang pasien mengenai masturbasi :


Selamat malam dok... saya pria 19 tahun dan Saya tau bahwa masturbasi dilarang agama apapun alasannya dan Saya juga pernah membaca artikel kalau sperma yang Tidak dikeluarkan dapat menyebabkan kanker prostat. Yang menjadi pertanyaan Saya adalah apakah boleh sperma tidak dikeluarkan sampai pernikahan nanti ??? Apakah bahaya ( terjadi kanker prostat) kalau sperma tersimpan terus di testis??? Mohon jawabannya terima kasih

Jawaban Dokter Mengenai Masturbasi yang ditanyakan pasien

Masturbasi atau kegiatan seksual yang dilakukan secara sendiri untuk merangsang dan mendapat kepuasan seksual, hal ini bukan merupakan kegiatan yang berisiko, namun bukan juga hal yang direkomendasikan, bila masturbasi tidak dilakukan secara berlebihan, tidak menimbulkan gangguan aktifitas & orang sekeliling Anda, dilakukan dengan aman (tanpa alat bantu berbahaya) dan tidak menyebabkan gangguan fungsi reproduksi Anda, maka umumnya kegiatan ini tergolong aman.

Bila ditilik dari segi agama, masturbasi adalah kegiatan yang dilarang. Walau demikian, manusia memiliki mekanisme tersendiri untuk mengatur fungsi reproduksinya, contohnya adalah mimpi basah, hal ini tidak dapat dikontrol dan terjadi dengan sendirinya, namun beberapa agama menyarankan untuk menyucikan diri setelah terjadi mimpi basah.

Untuk kaitan antara masturbasi dan kanker prostat, peneliti masih belum yakin kaitan antara keduanya karena kaitan antara keduanya sangat bervariasi tergantung usia. Beberapa penelitian menunjukan kaitan antara ejakulasi dan terjadinya kanker prostat ,yaitu :

  • Kemungkinan kanker prostat MENINGKAT bila pada usia 20-30 tahun sering mengalami ejakulasi (2-7x perminggu)
  • Kemungkinan kanker prostat MENURUN bila pada usia 50-60 tahun sering mengalami ejakulasi (1-2x perminggu)
BLOWMIND BUKAN ?? Masa muda jangan keseringan, masa tua sering-seringlah

Sperma disimpan dan dibentuk didalam testis (buah zakar) dan dibentuk sepanjang hari seumur hidup pria (walau kualitas dan kuantitasnya menurun seiring usia). Bila sperma tidak dikeluarkan (ejakulasi), sel sperma akan diseleksi alami (fagositosis) oleh tubuh sehingga hanya sperma yang paling baik yang disimpan untuk proses pembuahan bila terjadi ejakulasi.

Pada dasarnya, manusia merupakan makhluk sosial dan juga makhluk seksual sehingga wajar bila pada saat tertentu memiliki hasrat untuk melakukan aktifitas seksual (termasuk masturbasi). Meski demikian, untuk melakukanya atau tidak, dikembalikan lagi pada nilai dan kepercayaan yang Anda anut.

Asalasah | Sumber: http://www.alodokter.com/komunitas/topic/antara-kepercayaan-dan-sains