Apa Ciri-Ciri Wanita Panggul Sempit ? - Seputar Kehamilan

Asalasah ~ Seorang pasien yang sedang hamil bertanya kepada dokter mengenai kekhawatirannya terhadap ukuran panggul. Berikut selengkapnya :

dok ,, usia kehamilan saya sekarang 37w,tp kata dokter kandungan saya,,kepala baby belum masuk panggul, itu malah bikin saya cemas dok, apa mungkin itu salah satu ciri2 panggul sempit? soalnya sampe sekarang blm cek ukuran panggul,, padahal HPLnya bsok tggal 23 mei,,

Jawaban Dokter Mengenai Panggul Sempit


Jika dilihat dari fisik luar, sulit untuk memastikan ukuran panggul seseorang. Namun, secara umum wanita yang bertubuh pendek akan mempunyai panggul yang lebih sempit daripada wanita yang bertubuh tinggi. Untuk memastikan ukuran panggul ini, perlu dilakukan pemeriksaan dalam (memasukan 2 jari ke vagina) yang dilakukan oleh dokter spesialis kandungan. Hal ini tidak rutin dilakukan karena tidak nyaman untuk pasien.

Selain ukuran panggul, turunnya kepala bayi juga dipengaruhi oleh posisi dan besarnya bayi. Perlu ditentukan posisi bayi dalam kandungan apakah normal (kepala di bawah) atau sungsang (bokong di bawah) atau letak lintang. Jika memang letak bayi Anda normal (kepala di bawah), maka perlu dilihat juga diameter kepala bayi.

Untuk mengetahui hal-hal di atas, perlu dilakukan pemeriksaan USG oleh dokter spesialis kandungan. Selain itu, HPL juga bukanlah suatu angka yang mutlak. Untuk kehamilan yang normal, ada rentang waktu antara 38-42 minggu, sedangkan HPL mengacu pada 40 minggu.

Jawaban Dokter 2 :

Untuk menjalani proses persalinan normal, memang diperlukan ukuran panggul Ibu yang sesuai dengan kepala janin, apabila lingkar kepala janin lebih besar dari ukuran lingkar panggul bagian dalam Ibu, istilah medisnya cephalopelvic disproportion, maka bayi tidak akan dapat keluar melalui jalan lahir. Oleh karena itu pada Ibu hamil akan dilakukan pemeriksaan ukuran panggul oleh Dokter Kandungan atau oleh bidan. Umumnya seorang Ibu yang memiliki tinggi di bawah 150 cm maka ukuran panggulnya akan kecil, namun memang terkadang tetap dibutuhkan pemeriksaan pada panggul dengan cara mengukur conjugata vera, dimana apabila ukuran conjugata vera kurang dari 10 cm, maka dinyatakan memiliki ukuran panggul yang sempit. Pengukuran ini dilakukan dengan cara pemeriksaan dalam. Bagi Ibu yang memiliki panggul sempit, berdasarkan penelitian hanya bisa melahirkan bayi dengan berat kurang dari 2.5 kilogram, sehingga apabila Dokter menyatakan Ibu memiliki panggul sempit dan taksiran berat janin adalah 2.9 kilogram, tentunya jika melakukan proses persalinan normal dapat terjadi komplikasi seperti kepala bayi yang tidak bisa turun. Panggul sempit merupakan indikasi mutlak untuk dilakukannya proses kelahiran secara cesar, karena jika dipaksakan akan terjadi:

Penekanan berlebihan pada janin yang dapat menimbulkan kematian janin
Rahim yang tidak dapat menahan tekanan yang akhirnya robek/pecah, istilah medisnya ruptur uteri, hal ini dapat menimbulkan kematian Ibu dan janin, atau cedera hebat pada rahim sehingga rahim terpaksa dilakukan pengangkatan (histerektomi)

Asalasah | Sumber: http://www.alodokter.com/komunitas/topic/ciri2-panggul-sempit