Apa Obat Hernia? Apa Celana Dalam Magnetik Khusus Dapat Menyembuhkan Hernia ?

Asalasah ~ Pertanyaan Pasien :

Tentang hernia. Apakah hernia atau turun. Jaringan yg ter bjkanya bisa kembali dengan menggunakan celana khusus hernia magnetik. Dan obat2n kalo bisa obat merek apa yg bagus. Poposisi hernia masih naik turun.

Jawaban Dokter atas Apa Obat Hernia? Apa Celana Dalam Magnetik Khusus Dapat Menyembuhkan Hernia


Terima kasih Muklisin Ciecien atas pertanyaannya.

Hernia merupakan keluarnya usus dari tempat yang seharusnya. Pada laki-laki, keluarnya usus ini seringkali ke daerah skrotum (kantong buah zakar) ataupun selangkangan. Hernia disebabkan karena adanya dinding perut yang lemah sehingga usus keluar melalui dinding dalam perut yang lemah tersebut.

Hingga saat ini, tidak ada obat-obatan untuk mengatasi hernia. Satu-satunya cara untuk mengatasi hernia adalah dengan operasi dan sebaiknya operasi dilakukan secepatnya. Hernia mempunyai beberapa derajat, yaitu:

1. Hernia yang masih dapat keluar masuk

2. Hernia yang sudah tidak dapat masuk lagi

3. Hernia yang sudah mengancam jiwa

Selagi hernia masih dapat keluar masuk, operasi dapat dipersiapkan dengan sebaik mungkin. Risiko operasi juga lebih kecil dibandingkan yang sudah lanjut. Jika tidak ditangani dengan baik dan akhirnya usus tersebut terjepit, maka pasien akan mengalami nyeri yang sangat hebat, mual, muntah bahkan sampai mengancam nyawa. Dalam kondisi seperti ini operasi harus segera dilakukan sehingga persiapan operasi akan tidak sebaik kalau masih dapat keluar masuk. Risiko operasi juga akan meningkat.

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah mengenai hal ini. Beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Jangan mengangkat beban berat

2. Jangan mengedan (perbanyak konsumsi serat dan air putih untuk melancarkan BAB)

3. Berobat jika ada batuk lama 

Asalasah | Sumber: http://www.alodokter.com/komunitas/topic/apa-obat-hernia-4