Apa Rontgen tulang panggul saat sedang hamil Bahaya? Apa Dampaknya?

Asalasah ~ Pertanyaan Pasien yang sedang hamil kepada dokter mengenai rontgen tulang panggul. Mungkin seperti kejadian yang anda alami? yuk simak pertanyaan berikut ini :

Sore dokter,

Dok, seminggu yang lalu saya melakukan rontgen tulang didaerah panggul, dan saat itu, saya belum tahu kalau saya sedang hamil. Dan sekarang usia kehamilan saya memasuki usia 7 minggu . yang mau saya tanyakan adalah
1. apakah rontgen tulang panggul berbahaya terhadap janin saya ?

2. apakah efek samping dari rontgen tersebut terhadap janin saya?

3. dan untuk saat ini langkah apa yang harus saya perbuat supaya janin saya tidak kenapa2

besar harapan saya dokter mau membantu menjawab pertanyaan saya, atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan terimakasih.

Jawaban Dokter mengenai kasus Rontgen tulang panggul saat sedang hamil:


1. Apakah rontgen tulang panggul berbahaya terhadap janin?

Rontgen pada daerah perut dan panggul cukup beresiko terhadap perkembangan sel-sel bayi. Pada dosis radiasi tertentu dikhawatir meningkatkan resiko bayi menderita kelainan tertentu, seperti leukemia, ketika sudah lahir dan besar nantinya. Jika seseorang sudah diketahui hamil dan hendak diperiksa rontgen maka beritahukan dokternya terlebih dahulu agar dapat dipertimbangkan pemeriksaan rontgen tersebut. Namun apabila belum mengetahui dan sudah terlanjur di rontgen maka segera ke dokter guna penanganan selanjutnya. Dokter juga mungkin akan merujuk Anda ke dokter spesialis radiologi untuk mengkalkulasi efek paparan radiasi terhadap janin yang dikandung.

2. Apa efek samping rontgen tulang panggul terhadap janin?

Pada dosis radiasi tertentu dapat menyebabkan kelainan gen, contohnya mengalami leukemia ketika sudah lahir dan besar nantinya.

3. Seandainya telah dirontgen, apa langkah terbaik selanjutnya?

Segera konsultasikan ke dokter spesialis kebidanan. Ada kemungkinan juga Anda dirujuk ke dokter spesialis radiologi untuk mengkalkulasi paparan radiasi terhadap janin.

Perlu dipahami bahwa sebenarnya pemeriksaan rontgen pada daerah lain selain perut dan panggul (kepala, gigi, dada, lengan, dan kaki) umumnya aman bagi ibu hamil. Ketika dilakukan pemeriksaan rontgen pada daerah tersebut, bagian perut dan panggul ibu hamil akan ditutupi dengan pakaian antiradiasi. Pengecualian kasus memang pada rontgen perut dan panggul. Apabila memang diharuskan rontgen pada daerah perut dan panggul, sampaikan kepada dokter bahwa Anda sedang hamil, sehingga ada kemungkinan dosis radiasi rontgennya diatur seminimal mungkin.

Semoga bermanfaat

dr. Muhammad Fadhil 

Asalasah | Sumber: http://www.alodokter.com/komunitas/topic/rontgen-tulang-panggul-saat-sedang-hamll