Bagaimana Jika Sudah Demam 3 Hari Tidak Sembuh?

Asalasah ~  Demam merupakan respon tubuh dalam mengusir penyakit atau benda asing yang mengancam tubuh. Nah bagaimana jika sobata asalasah mengalmai demam tak kunjung sembuh seperti pertanyaan pasian berikut ini :

Pertanyaan :

selamat malam pak/bu dokter, saya ingin bertanya. sudah 3 hari demam saya tidak kunjung sembuh?

Jawaban :

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kondisi demam yang Anda alami sebenarnya terjadi oleh karena daya tahan tubuh sedang melakukan perlawanan terhadap mikroorganisme ( seperti : virus, bakteri, parasit, jamur ) yang masuk ke dalam tubuh.

Berikut ini beberapa penyakit yang umumnya menimbulkan demam, diantaranya adalah : demam berdarah / DBD, radang tenggorokan, demam tipus, radang Amandel, infeksi saluran kemih, Tuberkulosis atau TBC, infeksi saluran pencernaan, malaria.

Sebenarnya demam yang lebih dari tiga hari tidak kunjung Mereda walaupun sudah meminum obat pereda demam seperti Parasetamol, haruslah dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut seperti pemeriksaan darah.

Oleh karena itu, jika sampai saat ini demam yang Anda alami masih saja dirasakan, maka kami sangat menyarankan kepada Anda untuk segera menemui dokter, agar dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan " secara langsung ", sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat segera di berikan sesuai dengan penyebab pasti nantinya ditemukan.

Sekilas Info Tentang Demam :

Demam adalah kondisi ketika suhu tubuh berada di atas angka 38 derajat celsius. Demam merupakan bagian dari proses kekebalan tubuh yang sedang melawan infeksi akibat virus, bakteri, atau parasit. Selain itu, demam juga bisa terjadi pada kondisi hipertiroidisme, artritis, atau karena penggunaan beberapa jenis obat-obatan, termasuk antibiotik. Kenaikan suhu tubuh akibat konsumsi obat ini disebut dengan demam obat atau “drug fever”.

Meskipun terkadang mengkhawatirkan, demam yang tinggi tidak selalu menandakan bahwa Anda menderita suatu penyakit yang serius. Demam yang seringkali dijumpai pada kasus infeksi anak-anak seringkali tidak berbahaya. Malahan, demam merupakan pertanda bahwa sistem kekebalan tubuh sedang berusaha untuk melawan infeksi tersebut.

Asalasah | Sumber: http://www.alodokter.com/komunitas/topic/apa-obat-untuk-demam-258