Benarkah Campuran Jahe, Cuka Dan madu Dapat Menghilangkan Flek di Wajah?

Asalasah ~ Baru-baru ini seorang pasien membaca artikel tentang ibu 43 tahun berubah kembali seperti gadis 20 tahun karena berhasil menghilangkan flek di wajah hanya dengan meracik  Jahe, Cuka dan madu menjadi masker wajahnya. Apakah hal itu bisa? Berikut pertanyaan pasien dan jawaban dokter :

Dok benar ga sih artikel ini? Banyak teman saya yg share. Trimakasih. http://www.cerpen.co.id/post_141143.html

Jawaban Dokter mengenai ramuan penghilang flek di wajah :


Flek di wajah disebabkan karena berkumpulnya pigmen warna wajah di satu tempat sehingga menjadi tampak kehitaman atau kecoklatan. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk memudarkan flek diantaranya yaitu dengan krim pencerah yang berbahan aman dan terdaftar di BPOM, mikrodermabrasi, chemical peeling, mesotherapy, laser, dan light therapy. Untuk melakukan perawatan tersebut sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Selain itu ada beberapa bahan alami yang dipercaya membantu memudarkan flek di wajah diantaranya yaitu:

  • Cuka apel
  • Bawang putih
  • Kentang + madu
  • Lemon + madu
  • Lidah buaya
  • Pepaya

Namun cara alami tersebut tentunya tidak bisa instan dan tidak semua orang bisa cocok dengan bahan alami tersebut. Anda juga harus waspada terhadap efek samping mengoleskan bahan-bahan alami di atas yang kadang bisa terjadi, yaitu iritasi. Hal ini disebabkan karena beberapa bahan di atas bisa memicu iritasi di kulit yang sensitif.

Terkait dengan jahe + cuka + madu kemungkinan akan terlalu iritatif karena ada unsur jahe dan cuka yang sama-sama mengiritasi kulit. Jika Anda ingin mencobanya, sebaiknya Anda mencoba di belakang telinga atau di rahang terlebih dahulu. Jika tidak ada keluhan dan tidak ada tanda iritasi, maka silakan Anda mengoleskannya di bagian wajah yang lain. Selain itu pastikan semua alat dan bahan yang digunakan sudah dibersihkan terlebih dahulu. 

Asalasah | Sumber: http://www.alodokter.com/komunitas/topic/benarkah-campuran-jahecukamadu-yg-didinginkan-menghilangkan-flek-di-wajah