Dok, Adik Saya Yang Masih SMP Mengalami Keputihan Coklat Di Setelah Menstruasi

Asalasah ~ Bagi Anda yang baru mengalami masa puber mungkin masih bingung-bingung terhadap hal menstruasi. Berikut ini pertanyaan seorang pasien terhadap keluhan yang diderita oleh adiknya yang brehubungan dengan masalah menstruasi.

Pertanyaan Pasien :
dok, adik saya masih smp. dia menganggap menstruasi sudah selesai, namun keesokan harinya ada cairan kecoklatan tapi bukan darah. dan selama beberapa hari cairan itu tidak hilang. apa itu masih darah mens apa keputihan. jika keputihan penyakit apa yg diderita karena dia tidak merasa sakit.

Jawaban Dokter mengenai Keputihan Coklat setelah menstruasi :

Kemungkinan keputihan coklat tersebut merupakan tanda akhir menstruasi. Perlu diketahui bahwa terkadang sebelum dan sesudah menstruasi akan muncul keputihan berwarna coklat. Hal tersebut masih dalam batas normal selama tidak disertai dengan keluhan lainnya sehingga adik Anda tidak perlu khawatir.

Namun selain karena awal dan akhr menstruasi, keputihan berwarna coklat juga bisa disebabkan karena hal lain seperti tanda ovulasi / pelepasan sel elur, tanda awal kehamilan, tanda keguguran, radang panggul, efek alat kontrasepsi, penyakit menular seksual, dan kanker.

Adik Anda tidak perlu kahwatir selama tidak merasakan keluhan lain seperti gatal, atau nyeri pada vagina dan perut bawah. Cukup jaga kebersihan organ intimnya saja dnegan mencuci menggunakan air bersih saja tanpa sabun. Cuci dari arah depan ke belakang lalu keringkan sebelum memakai celana dalam. Segera ganti celana dalam bila basah dan ganti pembalut / pantyliner lebih sering ya.

Apabila keluhan keputihan coklat tidak berhenti selama semiggu atau disertai dengan keluhan lain, adik Anda bisa berkonsultasi lansung dengan dokter agar bisa diperiksa dan diberikan penanganan lanjutan.

Asalasah | Sumber: http://www.alodokter.com/komunitas/topic/keputihan-coklat-12