Haid Telat, Perut Nyeri Terasa Panas, Apakah Mulai Hamil?

AsalasahPertanyaan Seorang Pasien
Dok saya mau tanya bulan kemarin kan saya program hamil terus telat mens 4 hari, tapi perut bagian bawah rasanya panas banget tapi di tespek (test pack) hasilnya negatif. setelah diberi dokter obat magh tyz kluar haid tapi smpe skrang rasanya itu nyeri bgt. sampe skarang pdhl kmarin kmarin rsanya gak sampe kya gni.. apakah mgkn kmrn sya hamil tyz saya keguguran?

Jawaban Dari Dokter

Menstruasi merupakan suatu keadaan dimana luruhnya dinding rahim karena tidak terjadinya proses pembuahan. Siklus menstruasi yang normal adalah berkisar 21 - 35 hari yang dihitung sejak hari pertama menstruasi hingga datangnya menstruasi kembali.

Sebagai contoh, pada kasus anda jika anda memiliki siklus mens rutin 28 hari kemudian anda telat 4 hari dan mengalami mens, :

hal tersebut bisa saja belum termasuk telat datang  bulan atau telat mens karena siklus menstruasi anda 28 +4 hari = 32 hari (masih termasuk kedalam sikluas menstruasi yang normal)

bisa juga sebenarnya sudah terjadi proses pembuahan namun tidak terjadi proses kehamilan karena hasil pembuaahan tersebut meluruh sebagai akibat dari kelelahan atau hal lainnya.

Nyeri merupakan suatu keluhan yang penilaianny sangatlah subyektif pada masing - masing orangnya. Berat ringannya keluhan nyeri ini dapat dipengaruhi oleh keadaan psikologis seseorang. Pada sebagian orang apalagi yang sangat menginginkan kehaidran seorang anak, kehamilan merupakan suatu hal yang sangat diimpikan. Kadang keadaan inilah yang juga menyebabkan gangguan psikologis seseorang menjadi terganggu jika menstruasilah yang datang bukan kehamilan. Jadi kadang rasa nyeri yang timbul saat menstruasi pun bisa menjadi sangat meyakitkan.

Baca Juga : Berapa Lama Mulai Hamil Setelah Berhubungan Dan Apa Ciri-Ciri Hamil?

Jika anda merasa tidak yakin itu adalah darah menstruasi, atau jika rasa nyeri yang dirasakan masih sangat menyakitkan dan mengganggu, sebaiknya periksakan diri anda ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan seperti USG agar diketahui secara pasti penyebab dari keluhan yang anda rasakan dan diharapkan juga dapat diketahuinya kesehatan dari organ reproduksi anda, sebagai langkah dalam mempersiapkan kehamilan.

Semoga informasi ini bermanfaat :')

Asalasah | Sumber: http://www.alodokter.com/komunitas/topic/kehamilan-1133