Haid Tidak Lancar Setelah Berhenti Minum Pil KB

Asalasah ~ Wanita tanpa Haid Memang ada yang kurang, beginilah keluhan salah seorang pasien yang mengalami haid bulanan tidak lancar setelah berhenti mengkonsumsi pil KB? Bagaimana ceritanya, yuk kita simak pertanyaan dan jawaban dokter berikut ini :

Pertanyaan Pasien :


Selamat pagi dok,,,, Saya berhenti minum pil kb dari bulan November 2016, terus dapat haid pertama setelah lepas pil tgl 30 jan 2017. Sampai sekarang sudah Bulan mei saya belum dapat haid lagi,, tapi di tespack masih negatif terus,,, itu kenapa ya dok??? Gimana caranya biar haid nya lancar lagi atw gimana caranya biar bisa cepat hamil lagi? Makasih dok :)

Jawaban Dokter

Pil KB berupakan salah satu alat kontrasepsi hormonal yang bekerja dengan cara menekan hormon reproduksi agar tidak terjadi peroses pembuahan (yang berujung kehamilan). Karena efek kerjanya yang berkaitan dengan regulasi hormonal tubuh , sehingga penggunaan pil KB dalam waktu yang lama dapat menyebabkan gangguan siklus menstruasi walaupun pil KB sudah tidak dikonsumsi lagi. Efek samping ini dapat terjadi hingga beberapa bulan pasca pemberhentian penggunaan pil KB tersebut. Pastikan bahwa tidak terdapat keluhan lain yang menyertai gangguan siklus menstruasi yang anda alami, jika terdapat keluhan lainnya segera periksakan diri anda ke dokter spesialis kandungan agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mencari penyebab dari keluhan gangguan siklus menstruasi yang anda alami.

Beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk membantu terjadiny proses kehamilan :

  • Banyak konsumsi makanan yang dapat meningkatkan kesuburan seperti tauge
  • Stop merokok, dan konsumsi minuman beralkohol
  • Lakukan hubungan seksual secara rutin setiap 2 -3 hari sekali, dalam rentan waktu ini sperma telah diproduksi secara matang sempurna, sehingga kemungkinan untuk terjadinya pembuahan pun semakin besar
  • Konsumsi suplemen kesuburan yang banyak dijual bebas diapotik
  • Jika usaha untuk mencapai kehamilan masih sulit terjadi, baiknya konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan ahli kesuburan.

Asalasah | Sumber: http://www.alodokter.com/komunitas/topic/haid-tdk-lancar-4