Kenapa Asam Lambung Berefek Ke Pipi, Hidung Sesak,Tenggorokan Panas?

Asalasah ~ Pertanyaan yang berkaintan dengan penyakit asam lambung

Assalamualaikum.. Dok mau tanya apa saja yang dirasakan penderita asam lambung? Soalnya kakak saya katanya asam lambung tapi kenapa yang dirasakan dibagian kepala, seperti pipi tebal, hidung sesak,tenggorokan terasa panas dan telinga terasa penuh.. Tapi dibagian perut tidak merasakan perih... Apakah itu asam lambung atau penyakit apa dok?


Jawaban Dokter :

Syndroma dyspepsia adalah sekumpulan gejala yang muncul yang disebabkan oleh adanya peningkatan asam lambung. Gejalanya dapat berupa :

  • Perih atau nyeri di ulu hati maupun perut kiri atas
  • Mual hingga muntah
  • Dada terasa penuh, nyeri dan sesak
  • Tenggorokan terasa panas
  • Lidah terasa asam dan pahit
  • Jika sudah terjadi iritasi atau luka didalam lambung, gejala lainny dapat berupa muntah hitam hingga BAB berwarna hitam. 

Gejala yang muncul pada syndroma dispepsia memang tidak terbatas hanya pada perut saja,gejala dapat menjalar ke organ lainnya yang berhubungan seperti dada, tenggorokan dan mulut. Hal ini terjadi karena asam lambung tersebut sudang banyak meningkat sehingga asam lambung naik ke saluran cerna bagian atas hingga ke tenggorokan dan mulut. Sehingga keluhan yang dialami kaka anda memang bisa merupakan keluhan yang disebabkan karena peningkatan asam lambung.

Untuk gejala lainnya seperti pipi terasa tebal, dan telinga terasa penuh dapat saja disebabkan oleh hal lain, seperti kurangnya vitamin saraf ataupun gangguan persarafan di pipi sehingga pipi terasa tebal, atau penyakit lainnya. Dan telinga terasa penuh juga dapat terjadi karena telinga tersumbat akibat kotoran telinga, infeksi telinga luar maupun telinga dalam dan lain sebagainya.

Sebaiknya konsultasikan diri ke dokter jika terjadi perburukan kondisi atau terjadinya keluhan yang menetap, sehingga kakak anda mendapatkan penanganan yang sesuai.  

Asalasah | Sumber: http://www.alodokter.com/komunitas/topic/asam-lambung-312