Mengapa Ketika Kencing Urine Berbusa atau Kencing Berbuih ?

Asalasah ~ Seorang pasien menanyakan kepada dokter mengenai keluhannya kecing berbusa. Bagaimana kira-kira pertanyannya dan apa sama dengan yang kamu derita? Yuk kita simak aja pertanyaan pasien dan jawaban dokter berikut ini :

Assalamualaikum, selamat sore dok. Akhir-akhir ini saya baru tau urine saya berbuih kadang sedikit, kadang tdk ada, urine berwarna putih bening karena saya memang sering minum, minggu-minggu ini ada rasa ingin BAK trs, dan sempat ada rasa tdk nyaman di pinggang belakang dan perut bagian bawah dan sekarang saya sedang mengkonsumsi madu hitam pahit plus propolis dan hasilnya alhamdulillah, keluhan saya sedik2 mulai berkurang, hanya saja yg saya khawatirkan urine berbuih, apa saya kena ISK, dok ? Mohon jawabannya dok, terimakasih, wassalam.

Jawaban Dokter atas keluhan Urine berbusa atau Kencing Berbuih

Terima kasih Adrianinela atas pertanyaannya di forum Alodokter, urin yang berbuih umumnya merupakan suatu pertanda adanya proteinuria (adanya jumlah protein di dalam urin yang melebihi ambang batas), namun hal ini juga dapat disebabkan oleh adanya cairan semen atau adanya udara pada urin. Adanya proteinuria ini menandakan adanya gangguan yang terdapat pada organ ginjal. Gangguan ini dapat disebabkan karena adanya glomerulonefritis, adanya infeksi saluran kemih (terutama pada ginjal) atau adanya penyakit ginjal kronis.

Glomerulonefritis adalah salah satu jenis penyakit ginjal berupa kerusakan yang terjadi pada glomeruli. Glomeruli adalah unit penyaring terkecil pada ginjal yang berfungsi menyaring darah, protein, atau substansi lainnya sebelum akhirnya dibuang ke dalam urin. Kerusakan pada glomeruli ini dapat mengakibatkan sistem penyaringan terganggu sehingga protein dapat keluar ke urin. Dimana gejala yang dapat timbul pada keadaan ini berupa urin yang berbuih. Gejala-gejala pada keadan ini umumnya tidak terlalu khas dan biasanya dapat menimbulkan gejala seperti anemia berupa kelelahan, pembengkakan kaki, tangan, atau perut, terjadi penurunan jumlah kencing. Keadaan ini masih belum diketahui secara jelas disebabkan oleh keadaan apa namun diduga keadaan ini dapat disebabkan oleh beberapa keadaan berikut, seperti adanya gangguan sistem kekebalan tubuh (lupus) atau pernah memiliki riwayat infeksi tenggorokan oleh bakteri streptokokus. Mengenai infeksi saluran kemih memang juga dapat menimbulkan buih pada urin dan umumnya keadaan ini disertai dengan gejala demam dan nyeri pinggang (terutama pada pyelonephritis).

Pada keadaan yang demikian sebaiknya Saudara dapat berkonsultasi ke dokter terkait guna memastikan keadaan yang dialami saat ini sebab umumnya keadaan kencing yang berbuih yang diakibatkan adanya proteinuria merupakan suatu keadaan yang cukup mengkhawatirkan.

Asalasah | Sumber: http://www.alodokter.com/komunitas/topic/urine-berbusa