Mengapa sakit perut bagian bawah hingga ke anus ?

Asalasah ~ Seorang pasien menanyakan keluhannya mengenai sakit perut bagian bawah hingga ke anus, Berikut selengkapnya :

Dokter, 5 bulan lalu saya melahirkan anak, saya menyusui dan sudah 3 bulan tidak haid, bulan lalu saya merasakan sakit diperut bawah, saya fikir saya akan haid ternyata tidak, tapi sakit nya bukan seperti mau haid, sakit nya seperti di tusuk jarum, terasa nya hanya sehari besok nya hilang, tapi sekarang terasa lagi, sudah 2 hari masih terasa, jika duduk sakit nya terasa di Perut juga anus, jika mau kentut atau BAB sakit nya makin terasa, tapi setelah buang air sakit nya mereda, kira2 kenapa ya? Saya juga keputihan, harus berobat ke dokter apa ya?


jawaban Dokter mengenai keluhan sakit perut bagian bawah hingga ke anus:

Nyeri perut bagian bawah seperti yang Anda alami pada dasarnya dapat disebabkan oleh beragam faktor penyebab, mulai dari yang ringan hingga yang berat dan memerlukan penanganan khusus. Berikut ini berbagai kondisi medis yang dapat menyebabkan nyeri perut bagian bawah:

  • Gangguan pada saluran pencernaan: gastroenteritis (peradangan pada usus dan lambung), sindrom iritasi usus, radang usus, gangguan usus besar
  • Masalah pada organ reproduksi: radang panggul, kista ovarium, kehamilan ektopik
  • Kelainan pada sistem saluran kemih: infeksi saluran kemih, infeksi ginjal, batu saluran kemih

Keputihan yang Anda alami dapat terkait maupun tidak dengan nyeri perut yang timbul. Keputihan merupakan kondisi yang normal jika tidak berwarna (putih atau jernih), tidak berbau, dan tidak disertai dengan gatal dan nyeri. Namun jika keputihan memiliki ciri yang berbeda (misalnya berwarna kuning atau hijau, berbau, gatal atau nyeri) maka kondisi ini merupakan hal yang tidak normal dan dapat disebabkan oleh infeksi jamur/candidiasis vagina, infeksi bakteri/vaginosis bakterial, vaginitis (peradangan vagina), atau penyakit menular seksual/PMS. Bila keputihan disebabkan oleh infeksi dan tidak ditangani dengan baik, maka infeksi dapat menyebar ke organ reproduksi lain dan menyebabkan radang panggul yang dapat memicu nyeri perut bagian bawah.

Namun bila nyeri perut yang timbul berkaitan dengan BAB maka kemungkinan penyebabnya berasal dari saluran pencernaan. Untuk dapat memastikan penyebab keluhan yang Anda alami ini Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam. Dokter akan menelusuri penyebabnya lebih lanjut melalui pemeriksaan fisik dan tes penunjang jika diperlukan (seperti USG, tes darah, CT Scan). Dengan demikian penyebabnya dapat ditelusuri dan diberikan penanganan yang tepat. Apabila dari hasil pemeriksaan dicurigai bahwa nyeri perut berasal masalah organ reproduksi maka dokter akan dapat merujuk Anda pada dokter kandungan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Berikut ini anjuran bagi Anda:


  • Istirahat cukup dan konsumsi makanan bergizi untuk menjaga daya tahan tubuh
  • Hindari konsumsi makanan yang terlalu pedas, berlemak, atau menimbulkan gas
  • Perbanyak konsumsi air putih 2-3 liter sehari
  • Menjaga kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi
  • Mencuci tangan sebelum makan/menyiapkan makanan dan setelah ke toilet
  • Menjaga kebersihan organ intim
  • Kenakan pakaian dalam yang berbahan katun dan tidak ketat, serta menggantinya secara teratur
  • Biasakan membasuh organ intim dari depan ke belakang untuk mencegah bakteri berpindah dari anus ke vagina
  • Hindari penggunaan pembersih kewanitaan yang terlalu sering, pantyliner, dan pembalut beraroma

Asalasah | Sumber: http://www.alodokter.com/komunitas/topic/sakit-perut-bagian-bawah-117