Penyakit Dengan Gejala Sesak Nafas Disertai Lemas, Pinggang Pegal, Ambeien, BAB Berdarah Dll

Asalasah ~ Jadi gini dok, saya belakangan ini merasakan susah napas melewati perut seperti ada tekanan begitu, lalu lemas, pinggang belakang sebelah kiri pegal kalo duduk terlalu lama atau membungkuk tapi kadang kadang, lalu perut bawah sebelah kiri jika saya minum air sampai perut terasa penuh atau minum air saja terasa nyut nyut bukan sakit tapi seperti disentuh gitu dok tapi itu kadang kadang makin lama makin terasa, lalu jika saya belum makan badan saya lemas lalu seperti jadi males begitu dok buat makan, memang saya telah melewati sekitar 6 minggu dari operasi usus buntu, dan saya juga telah 2 hari bab keluar darah, hari pertama darahnya netes seperti lendir gitu dok, hari kedua darahnya bersamaan/nempel dengan tinja saya tapi sedikit seperti garis lalu yang netes pun sedikit, lalu ketika saya cek lubang saya ketika sedang ganti baju iya ternyata ada seperti hitam kecil menonjol dan saya yakin itu ambeien ya tapi masa ambeien mengefekkan susah napas perut saya dok, dan perut sebelah kiri bawah antara rusuk dan panggul kayaknya terasa seperti tekan tekan gitu dok? Ini apa ya dok, jika boleh jawabannya dok terima kasih. :)


Jawaban Dokter :

Gejala susah napas atau sesak napas dapat diakibatkan oleh berbagai kondisi. Gangguan pada paru, jantung, lambung, kurang darah (anemia),  dan ginjal dapat menimbulkan keluhan sesak napas. Sesak napas disertai nyeri pada perut kiri dan lemas ketika terlambat makan dapat diakibatkan oleh masalah pada lambung. Peningkatan produksi asam lambung menyebabkan iritasi pada dinding sehingga dapat menimbulkan nyeri. Kadang juga disrtai dengan mual dan muntah. Beberapa pemicu yang dapat meningkatkan asam lambung adalah terlambat makan, makan makanan yang terlalu pedas dan berminyak, minum alkohol, serta penggunaan obat antinyeri jangka panjang. Namun, keluhan Anda ini juga dapat diakibatkan oleh kondisi lain seperti :

1. Anemia (Hb rendah)

2.Penyakit Asam lambung (GERD)

3. Pneumonia (infeksi paru)

4. Pleuritis

BAB anda yang berdarah dan adanya benjolan pada anus memang dapat mengindikasikan bahwa perdarahan tersebut berasal dari hemoroid (ambeien). Namun, BAB berdaraah juga dapat diakibatkan oleh kondisi lain seperti :

1. Luka pada anus (Fissura ani)

2. Colitis (radang pada usus)

3. Gangguan pada pembuluh darah usus (angiodisplasia)

4. Perdarahan saluran cerna atas yang sangat banyak

5. Diverticulitis

6. Polip atau kanker usus besar.

Jika perdarahan yang keluar cukup banyak, maka dapat menyebabkan Anda akan kekurangan darah (anemia). Kondisi anemua juga dapat menyebabkan sesak dan lemas. Anda sebaiknya tetap memeriksakan diri Anda ke dokter untuk mengetahui penyebab keluhan Anda. Dokter akan melakukan wawancara, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan tambahan seperti tes darah, USG, dan kolonoskopi.

Beberapa anjuran untuk Anda :

1. Hindari makanan yang terlalu pedas dan berminya

2. Hindari terlambat makan

3. Perbanyak konsumsi buah dan sayur agar kebutuhan serat harian Anda terpenuhi

4. Konsumsi air putih yang cukup 2-5-3 L per hari

Semoga membantu 

Asalasah | Sumber: http://www.alodokter.com/komunitas/topic/dok-ini-bukan-penyakit-serius-kan-atau-penyakit-yang-menimbulkan-risiko-kanker