Penyebab dan Solusi Untuk Penyakit Gangguan Cemas Berlebihan

Asalasah ~ Pertanyaan Seorang paseian Mengenai Gangguan Cemas Berlebihan (GAD)

Selamat malam dok, saya didiagnosa GAD. Umur saya 21thn. Perlukah saya minum obat? Saat periksa kemarin saya diberi obat racikan (stelazine,alprazolam,nopres)1 x sehari saat malam. Apakah aman untk diminum? Terimakasih

Jawaban Dokter Mengenai masalah Gangguan Cemas Berlebihan

GAD (generalized anxiety disorder) atau gangguan cemas menyeluruh adalah suatu keadaan dimana seseorang merasa cemas yang berlebihan akan banyak hal dan selalu memperkirakan yang terburuk terjadi walaupun tidak dengan adanya alasan yang jelas. Umumnya keadaan ini akan datang secara perlahan-lahan seiring dengan berjalannya usia, dan risiko terbesar biasanya berada pada antara usia anak-anak hingga dewasa muda. Walaupun penyebab dari keadaan ini masih belum jelas namun GAD ini sering dikaitkan dengan beberapa faktor seperti:

  • faktor biologis
  • riwayat keluarga
  • pengalaman hidup, terutama yang sangat menekan
GAD ini juga dapat bersifat ringan dan berat, pada GAD ringan umumnya fungsi sosial atau kegiatan aktivitas pada seseorang masih belum terganggu. Namun pada GAD yang berat umumnya keadaan ini sangat dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Pemberian pengobatan ditujukan dengan mengurangi gejala kecemasan sehingga diharapkan seseorang dapat menjalankan aktivitasnya kembali. Mengenai obat stelazine, alprazolam, dan nopres, stelazine mengandung bahan aktif yang dinamakan trifluoperazin. Trifluoperazin ini memiliki fungsi dalam mengatasi masalah kejiwaan seperti gangguan psikotik, namun obat ini juga dapat mengatasi masalah kecemasan untuk jangka pendek. Alprazolam merupakan obat golongan benzodiazepin yang berfungsi dalam mengatasi masalah gangguan kecemasan. Sedangkan nopres merupakan obat yang mengandung komposisi fluoxetine yang berfungsi dalam mengatasi permasalahan depresi dan dapat membantu mengatasi gangguan kecemasan. Mengenai masalah keamanan memang setiap obat memiliki efek sampingnya tersendiri, namun bila hal ini telah disarankan oleh dokter terkait maka umumnya efek yang baik tentu lebih menguntungkan dibanding efek samping yang timbul.  

Asalasah | Sumber: http://www.alodokter.com/komunitas/topic/gangguan-cemas-apakah-perlu-minum-obat