Sakit Kepala Yang Begitu Kuat, terasa berat dan mual

Asalasah ~ Sakit kepala memang berbahaya dann bikin khawatir. Karena kepala bagian yang sangat vital bagi manusia. Nah ada pasien mengeluhkan gejala sakit kepala yang luar biasa. Mungkin sama seperti keluah Anda. Yuk sobat asalasah kita simak jawabannya:

Pertanyaan Pasien
Selamat pagi dok... Saya ingin bertanya, 3 hari terakhir saya merasakan sakit kepala yg begitu kuat disertai dengan muntah. Setiap saya ingin berdiri seusai berbaring seperti semua memutar dan rasanya seperti bingung. Sudah tiga hari dan saat ini sakit kepalanya seperti migrain. Saya sudah 3 hari meminum obat sakit kepala biasa sepeti oska*on tapi tidak ada efeknya sama sekali. Saya mencoba mencari tahu lewat internat dan salah satu hasil yg muncul adalah vertigo. Dan dianjurkan saya untuk meminum air jahe dan perasan jeruk nipis. Dua hari saya meminum ramuan tsb dan sedikit menolong saya. Namun sepertinya ramuan itu tidak cukup untuk mengobati dok. Apakah saya ini benar terkena vertigo? Jika ya, obat apakah yang cocok dan seharusnya saya beli agar saya cepat sembuh? Terima kasih dokter, selamat pagi.

Oiya dok saya juga suka tegaket ketika tidur dan merasa tangan saya kaku semua seperti orang bingung dok.

Jawaban Dokter :
Gejala nyeri kepala dan vertigo merupakan dua hal yang berbeda. Nyeri kepala adalah sensasi nyeri seperti tertusuk, berdenyut atau tertekan pada kepala sebagian atau seluruhnya. Sedangkan vertigo akan menimbulkan suatu sensasi berputar seakan dunia ini terbalik yang sering dideskripsikan sebagai pusing berputar. Jika yang Anda rasakan adalah pusing berputar, kemungkinan salah satu penyebabnya adalah vertigo. Namun jika yang Anda rasakan adalah nyeri kepala, berikut kemungkinan penyebabnya :

  • Gangguan psikologis seperti stress, depresi, kecemasan
  • Infeksi gigi
  • Sinusitis
  • Gangguan saraf
  • dll

Penanganan terhadap nyeri kepala adalah dengan istirahat yang cukup dan lakukan relaksasi dengan metode meditasi ataupun yoga. Kemudian Anda dapat mengkonsumsi obat antinyeri seperti paracetamol jika keluhan belum membaik.

Jika setelah melakukan hal tsb nyeri tidak kunjung reda atau nyeri kepala sering sekali muncul kembali, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf agar dapat dilakukan pemeriksaan lanjutan.

Semoga bermanfaat, dr.Previyanti

Asalasah | Sumber: http://www.alodokter.com/komunitas/topic/kepala-terasa-berat-dan-mual