Sakit Perut Kembung Serta Kepala Pusing Nyut-nyutan

Asalasah ~ Sakit memang sangat tidak enak, oleh karena itu mari jaga kjesehatan. Penyebab utama sakit yang perlu diingat yaitu makanan dan pikiran. Keduanyalah pusat datangnya penyakit. Berikut ada pertanyaan pasien mengenai sakit di keua bagian, sakit di perut sekaligus di kepala. Yuk simak pertanyannya serta jawaban dari doker.

Pertanyaan Pasien :
Dok, saya berumur 19 ingin bertanya atas keluhan yg saya derita selama beberapa hari ini, yaitu perut saya terasa kembung, sulit bernafas, dan bagian kepala saya di syaraf-syaraf dibagian kiri, maupun kanan berdenyut-denyut sehingga saya tidak merasa tenang, mohon diberi penjelasannya. Terima kasih

Jawaban Dokter :

Halo Yosua.......

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kondisi yang Anda alami berupa perut yang terasa kembung dan sulit untuk bernapas, paling sering disebabkan oleh karena gangguan kesehatan pada organ lambung.

Berikut ini beberapa penyakit yang sering menyerang organ lambung, diantaranya adalah : gastritis === peradangan pada dinding dalam lambung, penyakit asam lambung / GERD, tukak peptik === terjadinya luka didalam lambung.

Selain oleh karena gangguan kesehatan yang terkait organ lambung, kembung dan gejala lain yang Anda rasakan juga dapat disebabkan oleh : sembelit atau konstipasi, merokok, berat badannya meningkat, pertumbuhan bakteri terlalu cepat di usus kecil, terlalu banyak mengonsumsi buah ataupun sayur, mengonsumsi minuman bersoda berlebihan, gangguan pada usus.

Sedangkan kondisi pusing disertai nyut-nyutan di kepala, dapat disebabkan oleh karena : stress psikologis, tekanan darah rendah, vertigo, gangguan pada jantung, anemia, dehidrasi, kekurangan nutrisi, rendahnya gula darah dalam tubuh oleh karena terlambat mengonsumsi makanan.

Cobalah atasi keadaan ini terlebih dahulu dengan cara : konsumsi obat khusus gangguan lambung yaitu antasida Cair yang dapat dibeli di apotik secara bebas === minumlah sesuai dengan aturan pakai yang tertera di kemasan, hindari mengonsumsi makanan yang pedas/ asam/ berlemak/ digoreng/ bersantan, makan tepat waktu, minum air putih minimal 2 Liter perhari, kelola stres psikologis, stop merokok dan jangan minum minuman keras, jangan begadang.

Jika setelah melakukan cara - cara di atas kondisi yang Anda alami masih saja terus dirasakan, maka kami sangat menyarankan kepada Anda untuk segera menemui dokter spesialis penyakit dalam terlebih dahulu, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga penanganan yang tepat dapat segera di berikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya ditemukan.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Dr. Jati

Baca Juga :


Asalasah | Sumber: http://www.alodokter.com/komunitas/topic/lambung-serta-pusing-nyut-nyutan-dibagian-kiri-dan-kanan