Sudah 8 Bulan Infeksi Sinusitis. Bagaimana Dok ?

Asalasah ~ Simak berikut ada pertanyaan seorang pasien terkait masalah sinusitis. Berikut pertanyaannya selengkapnya :

Salam sehat ..dok saya kok hidung mampet udah 8 bulanan aa, hidung saya ini ma mampet tapi gak keluar ingus maa..bila tidur ngadep kiri mampet sblh kiri dan sebaliknya, hayyaa.. Padahal udah ke docter tht rontgen muka katanya alergi sinusitis.. hayyaa, kalau alergi knapa udah 8 bulan berobat gak ada perubahaan sama sekali..dan nafas saya tambah sesek bngt.. Apakah saya harus di operasi apa gimana solnya udah lama kalau di obatin obatnya namanya saya udah lelah dg hidung mampet dan nafas nyesek tiap menit..makasih

Jawaban Dokter Terkait Masalah Sinusitis


Alergi adalah suatu mekanisme berlebihan tubuh apabila terpapar suatu zat yang disebut alegen, karena suatu mekanisme tubuh maka pengobatan hanyalah untuk mengurangi gejala yang timbul akibat alergi tersebut, dan akan terus kembali muncul jika terpapar alergen lagi.

Untuk itu seseorang yang mempunyai alergi diharapkan mengingat-ingat apa sih alergen yang menjadi pemicu keluhan yang Anda alami, jadi Anda diharpakan kapan saja kondisi keluhan muncul, saat terkena/terpapar apa, saat sedang melakukan apa dan sebagainya. Jika sudah diketahui alergennya, maka diusahakan Anda menghindari zat/keadaan tersebut.

Sinusitis sendiri adalah keadaan terjadinya peradangan rongga sinus, pada keadaan normal rongga sinus ini kosong tidak terisi cairan apalagi ada bakteri/virus/jamur. Namun jika seseorang mengalami pilek yang cukup lama dan sering salah satunya karena rhintis alergi maka akhirnya ingus yang telah tercemar bakteri perlahan akan masuk ke rongga sinus tersebut, sehingga akhirnya menimbulkan peradangan.

Tindakan operasi pada sinusitis di indikasikan pada adanya sinusitis yang telah terjadi komplikasi, atau adanya infeksi bakteri namun tidak respon dengan pemberian antibiotik.

Untuk menjalani suatu prosedur pengobatan maupun tindakan medis diharapkan Anda mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter secara langsung, agar dapat dikaji ada tidaknya indikasi suatu prosedur medis yang perlu dilakukan atau pengobatan yang tepat, melalui pemeriksaan kesehatan dan juga wawancara medis.

Sebagai saran, coba ingat-ingat kembali biasanya hidung tersumbat dan rasa sesak timbul pada saat apa saja??? supaya bisa dihindari pemicunya.

Demikian informasi yang dapat disampaikan 

Asalasah | Sumber: http://www.alodokter.com/komunitas/topic/alergi-sinusitis-2