3 Tips Diet saat Hari Raya Setelah Berpuasa

AsalasahTidak dipungkiri saat hari raya, terlalu banyak makanan lezat disediakan. Namun, di samping menyambut Syawal dengan penuh kegembiraan, Anda harus pastikan mengambil makanan yang sehat.

Ada tiga tips yang bisa diikuti dengan mengamalkan makan sehat pada hari raya ini dan tidak makan karena geram melihat banyaknya makanan kesukaan Anda.


1. Kurangi lemak

Jika Anda berencana untuk membuat sendiri biskuit hari raya, kurangi gula, lemak dan minyak dalam resep yang Anda pilih. Misalnya jika di dalam resep tersebut membutuhkan dua cangkir gula, kurangi menjadi satu cangkir saja. Bagi lemak pula, jika resep Anda menggunakan mentega, tukarkan ke margarin (cari yang sesuai untuk dibakar). Gunakan tepung berserat tinggi untuk menambahkan serat.

Ada dua jenis margarin, yaitu untuk sapuan dan untuk masakan atau bakar. Begitu juga jika menggunakan minyak, kurangi penggunaan minyak.

Jika anda membeli daging dan ayam, buang semua lemak dan kulit sebelum dimasak. Jangan potong terlalu besar.

Makanan yang direncanakan untuk disajikan juga seperti nasi bukhari, nasi daging, nasi minyak dan sebagainya harus dipastikan hanya satu menu saja yang menggunakan santan atau digantikan dengan susu rendah lemak.

2. Minum air hangat

Saat berkunjung ke rumah kerabat pula, Anda dapat makan berbagai jenis biskuit tetapi setiap jenis hanya sepotong saja. Untuk makanan berat, ambil semangkuk makanan seperti lontong tetapi kurangi mengambil kuah terlalu banyak karena kandungan santannya.

Minum air hangat. Tuan rumah juga dianjurkan untuk menempatkan air hangat di atas meja.

Tuan rumah juga bisa menyajikan buah-buahan kepada tamu. Banyak yang keliru dan menganggap buah juga manis. Sebenarnya buah termasuk gula sederhana dan memberikan energi instan.

Berhati-hati makan buah saat Syawal ini karena ada banyak buah-buahan musiman seperti durian dan rambutan. Jika hendak makan rambutan, ambil empat biji saja sementara durian kampung ambil tiga ulas saja. Namun jika durian king, seulas sudah memadai karena isinya yang tebal.

Banyak orang yang bertanggapan jika mereka makan banyak makanan manis mereka akan minum banyak air putih. Sebenarnya meskipun Anda telah minum beberapa botol air kosong, kandungan gula yang telah diambil tetap ada di dalam tubuh kita.

Cara untuk menyingkirkan gula adalah dengan berolahraga dan pilih jenis latihan yang sesuai dengan kondisi Anda seperti bersepeda, bermain badminton, berenang dan sebagainya.

3. Siapkan ukuran porsi kecil

Kepada tuan rumah, sediakan ukuran porsi yang kecil seperti ayam dan daging dipotong kecil serta mangkuk hidangan yang kecil.

Bagi yang membawa anak-anak, jangan ambil makanan penuh piring dengan alasan hendak menyuap anak-anak. Anak-anak makan sedikit saja dan biasanya yang sisanya dimakan oleh si ibu karena sayang boros.

Perbanyak makan sayuran seperti yang ada dalam hidangan lodeh dan pecal.

Makanlah secara sederhana dan selalu ingat panduan gizi yang dianjurkan oleh Departemen Kesehatan, yaitu suku, setengah - suku untuk sereal, nasi, mi, kuetiau, suku lagi protein seperti ikan, ayam dan daging sementara separuh adalah sayuran dan buah-buahan.

Ada orang yang ketika hendak ke undangan rumah terbuka, tidak ingin makan di rumah karena hendak makan banyak di rumah terbuka. Lebih baik jika Anda mengalas perut dahulu. Pastikan Anda tidak dalam keadaan terlalu lapar karena faktor makan banyak akan ada.

Jika Anda memiliki tubuh yang kurus, harus diingat orang kurus tidak selalu sehat. Ada orang yang kurus tetapi memiliki tingkat kolesterol yang tinggi.

Pertahankan berat badan ideal saat raya. Jangan pula berat badan bertambah-tambah saat raya karena 'puas' makan. 

Asalasah | Sumber: utaranews