Apa Hukum Menjual Petasan Mercon Padahal Sudah Tahu Itu Bahaya?

AsalasahHukum menjual petasan kepada orang lain sedangkan penjual tahu ia akan memberi keburukan dan dapat merugikan orang lain dikategorikan sebagai subhat .

Hal itu dikonfirmasi oleh Imam Besar Terengganu, Aizi Saidi Abdul Aziz merujuk sebuah hadis riwayat al-Bukhari dan Muslim yang menjelaskan, hal yang halal itu jelas dan hal itu jelas, sementara hal yang berada di tengah-tengahnya adalah hal subhat.
Menurutnya, barang siapa yang terlibat dengan syubhat , berarti ia terlibat dengan hal yang haram.

"Hadis ini dengan jelas menyuruh umat Islam supaya menghindari dari menghampiri dengan hal yang masih tidak jelas.

"Hal subhat artinya hal yang berada dalam keremangan, tidak jelas hukumnya apakah halal atau haram.

" Kita tahu menjual petasan akan merugikan orang lain, jadi lebih baik ia ditinggalkan. Kalau nak dilarang, memang patut karena selain memberikan kesulitan dan membahayakan orang lain , duit juga dihabiskan begitu saja, ibarat kita membakar duit, "katanya.

Jelasnya, seeloknya pedagang menjual barang yang bisa dimanfaatkan masyarakat dan bukan menjual barang yang tidak elok yang dapat memberikan kerugian kepada orang lain.

bahkan katanya, duit hasil penjualan petasan itu meskipun hasil penjualan sendiri dan tidak dicuri, ia masih tidak bagus atau 'tidak lucu' untuk digunakan.

"kita tidak bisa lihat nilainya pada duniawi saja, tapi akhirat nanti, bagaimana? Sebaiknya kita menjauhkan diri dari hal yang bisa membawa kehancuran bagi diri sendiri dan juga orang lain.

"Pernah atau tidak kita berpikir, ada yang kudung tangan, mati dan terluka karena mengg unakan barang yang kita jual ke mereka? "katanya.

Bahkan katanya, masyarakat juga tidak perlu membuang duit membeli petasan karena langsung tidak memberikan manfaat atau keuntungan.

Afdalnya kata dia, duit itu dihabiskan dengan lebih baik, seperti memberi kontribusi dan membantu yang membutuhkan, yang akan membawa kebaikan di dunia dan akhirat. 

Asalasah | Sumber: http://www.sentiasapanas.com/2017/06/hukum-menjual-mercun-walaupun-bahaya.html