Bukan Cuma Manusia, Ternyata ikan Salmon Juga Berpuasa

AsalasahPuasa ternyata bukan hanya milik manusia, ratusan jenis hewan melakukannya tentu dengan keunikannya masing-masing.

Puasa ikan salmon merupakan sifat atau kebiasaan alami dari ikan tersebut.  Pada awal masa hidupnya ikan Salmon hidup di air tawar. Lalu setelah dewasa, mereka bermigrasi ke lautan luas. Secara karakteristik, ikan Salmon Merah menghabiskan sebagian waktu hidupnya di lautan, sekitar 4 – 7 tahun. Kemudian ketika mereka sudah cukup dewasa untuk bereproduksi, mereka akan berkumpul bersama-sama di suatu tempat di lautan .

Lalu ketika mereka sudah siap untuk bertelur, mereka kembali ke sungai asal tempat mereka ditetaskan , yang kadang jaraknya sejauh 1.600 kilometer dari tempat mereka hidup di lautan. Perjalanan ini kadang mencapai waktu beberapa bulan.

Ikan Salmon mulai berpuasa sejak awal perjalanan panjang mereka, karena dia perlu ruang untuk 2.000 – 10.000 telurnya sehingga perutnya sudah tidak membutuhkan lagi waktu untuk makan. Sementara pada salmon jantan, perutnya akan menyusut dan berganti menjadi tempat sperma.

Berdasarkan penelitian para ahli, ternyata justru lama puasa mereka inilah yang digunakan sebagai standar insting untuk menuntun mereka mengenali sungai asal mereka masing-masing. Kandungan lemak ikan yang cukup tinggi di badan ikan Salmon  inilah yang mereka gunakan sebagai persediaan makanan selama migrasi balik ini.


Lalu setelah itu, setiap ikan Salmon akan berusaha setengah mati melawan arus sungai deras, dengan berbagai macam halangan kayu-kayu kecil, batu-batu karang, segala macam binatang besar pemakan ikan salmon, hingga akhirnya dengan tubuh luka-luka dan kelelahan , mereka bisa mencapai hulu sungai tempat mereka ditetaskan pertama kali.

Ketika mereka sampai ke hulu sungai inilah, mereka akan otomatis bekerjasama pasangan jantan dan betina , untuk menggali suatu lobang tempat penetasan calon telur-telur ikan, dengan ekor mereka. Untuk menggali lobang yang kadang dalamnya sedalam 45 cm ini. Kemudian sang betina akan meletakkan telur-telur yang berjumlah ribuan , dan sang jantan mengeluarkan sperma untuk membuahi telur-telur ini.

Setelah proses ini selesai, sang ibu akan menutupi lobang galiannya ini dengan lumpur yang cukup tebal. Kemudian sepasang ikan ini akan tetap berenang di sekitar lubang ini, menunggu beberapa waktu hingga telur-telur ini menetas. Saat ikan-ikan Salmon kecil mendorong dirinya keluar dari lobang tempat penetasan ini, maka sang orang tua akan melihat anak-anaknya pertama dan untuk terakhir kalinya. Kemudian ikan salmon dewasa akan mati dalam keadaan berpuasa. Badan-badan ikan ini akan mengambang di permukaan air, lalu setelah beberapa lama akan turun ke dasar sungai, membusuk ,yang sebetulnya adalah bagian dari proses menjaga keseimbangan alam di dasar sungai.

Mereka mati setelah meninggalkan sekelompok generasi baru, yang harus mengalami proses kesukaran kembali ke lautan. Lalu setelah dewasa, anak-anak Salmon Merah ini mengulangi siklus yang sama seperti orangtuanya, dan mati dalam keadaan berpuasa. 

Asalasah | Sumber: http://www.oceandivingclub.com/tahukah-kamu-kalau-ikan-salmon-juga-berpuasa.html