CANGGIHNYA! Polisi Dubai Jadikan Robot Sebagai petugas patroli kepolisian

AsalasahPolisi robot yang dapat membantu mengidentifikasi penjahat dan mampu mengumpulkan bukti telah bergabung dengan kepolisian Dubai dan akan berpatroli di wilayah sibuk kota, sebagai bagian dari program pemerintah yang bertujuan mengganti manusia dan menumpas kejahatan dengan menggunakan mesin.

Jika percobaan "Robocop" ini berhasil, Dubai menyatakan ingin menggunakan robot bersenjata sebanyak 25 persen dari angkatan patroli nya pada tahun 2030.

Dibalut warna seragam Polisi Dubai, robot seukuran manusia yang dapat berjabat tangan dan melakukan hormat militer, adalah percobaan ringan dari rencana pemerintah untuk menggunakan teknologi dalam meningkatkan pelayanan dan keamanan menjelang Dubai Expo 2020.

"Mereka tidak akan meminta Anda untuk cuti, cuti sakit atau cuti hamil. Hal ini dapat bekerja sepanjang waktu," kata Brigadir Khalid Nasser Al Razooqi, direktur jenderal Departemen Layanan Cerdas Kepolisian Dubai.

Robot beroda yang dilengkapi dengan kamera dan perangkat lunak pengenalan wajah ini, adalah Polisi otomatis pertama di Timur Tengah.

Ia dapat membandingkan wajah dengan database polisi dan mengirim data yang cocok untuk kantor pusat, juga membaca plat nomor kendaraan dan melakukan video siaran langsung pengawasan di daerah populer Dubai serta pusat keuangan dan pariwisata.

Anggota masyarakat juga dapat berbicara dengan robot untuk melaporkan kejahatan atau berkomunikasi dengan menggunakan komputer layar sentuh tertanam dalam dada. Dibangun oleh PAL Robotics yang berbasis Barcelona, dan diprogram oleh Polisi Dubai, biaya robot belum diungkapkan.

"Kita sekarang melihat generasi baru yang menggunakan perangkat pintar - mereka suka menggunakan alat semacam ini. Banyak dari mereka telah melihat film Robocop dan mereka mengatakan: Kalian telah melakukannya.."

Asalasah | Sumber: https://www.arah.com/gallery/404/siap-robocop-kini-bertugas-layani-masyarakat-dubai.html