Ini Dia 5 Kota Tersehat di Indonesia Penerima Penghargaan Swasti Saba Wistara

AsalasahApa yang membuat suatu kota dianggap sehat? Adanya banyak ruang terbuka untuk orang berolahraga dan menikmati udara segar? Minim polusi udara? Atau tersedianya tempat di mana orang dapat bersosialisasi dan mengekspresikan ide-idenya tanpa rasa takut?

Setiap tahunnya, Kementerian Kesehatan memberikan penghargaan Swasti Saba bagi kota/kabupaten yang dianggap sehat. Ajang penghargaan yang digelar dua tahunan ini, terbagi dalam tiga tingkatan yaitu Swasti Saba Padapa (perunggu), Swasti Saba Wiwerda (perak), dan Swasti Saba Wistara (emas). Terdapat sembilan tatanan yang dinilai yaitu terkait kawasan pemukiman sehat, kawasan sarana tertib lalu lintas dan pelayanan transpotasi, kawasan pariwisata sehat, kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan pertambangan sehat, kawasan hutan sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, dan kehidupan sosial yang sehat. Berikut adalah 5 kota tersehat yang meraih penghargaan Swasti Saba Wistara pada tahun 2015 lalu.

Malang, Jawa Timur

Sejak digelar dari tahun 2005, kota Malang tidak pernah absen mengikuti ajang Penghargaan Kota Sehat. Hingga saat ini, sudah enam kali kota Malang meraih penghargaan Swasti Saba. Tahun 2015 merupakan puncak prestasi kota Malang dengan meraih penghargaan Swasti Saba tertinggi.

Yogyakarta, D I Yogyakarta

Bagi Yogyakarta, ini adalah penghargaan Kota Sehat yang kelima kali diperoleh. Kota Yogyakarta dianggap layak menerima Swasti Saba Wirastra sebab mampu menjalin sinergi yang baik antara pemerintah dan masyarakat dalam membangun sektor kesehatan. Ini tercermin dengan adanya gerakan masyarakat dalam menata lingkungan pemukiman melalui Jaringan Pengelolaan Sampah (Jaripolah), pengelolaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan taman bermain anak, serta pengembangan Kampung Hijau.

Padang, Sumatera Barat

Penghargaan Swasti Saba Wistara 2015 adalah yang ketiga kalinya diperoleh kota Padang. Pada tahun itu, Padang melengkapi sembilan tatanan dari minimal lima tatanan yang ditetapkan.

Solok, Sumatera Barat

Kota Solok akhirnya berhasil meraih penghargaan Swasti Saba Wistara (taraf pengembangan) setelah sebelumnya meraih Swasti Saba Padapa (taraf pemantapan) dan Wiwerda (taraf pembinaan) pada tahun 2011 dan 2013.

Tangerang, Banten

Setelah berhasil meraih penghargaan Adipura, kota Tangerang melengkapi prestasinya di tahun 2015 dengan meraih Swasti Saba Wistara. Penghargaan ini adalah yang ketiga kalinya diperoleh setelah sebelumnya memperoleh Swasti Saba Padapa dan Wiweda pada tahun 2011 dan 2013.

Untuk menciptakan kota yang sehat dibutuhkan komitmen pemerintah dan partisipasi aktif masyarakat yang berkelanjutan. Ajang Penghargaan Kota Sehat ini merupakan salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut. 
Asalasah | Sumber: http://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2698419/5-kota-tersehat-di-indonesia?utm_source=SocialMedia&utm_campaign=FB_ctw&utm_medium=Post