Kisah Inspiratif, Setahun Lebih Uang Rokok Ditabung Hingga Bisa Beli Motor Secara Tunai

Asalasah ~  Semua orang tahu merokok dapat mebahayakan kesehatan namun statistik penghisap rokok semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Lebih mengherankan lagi, banyak yang sadar kebanyakan penyakit terkait rokok adalah pembunuh nomor satu di negara ini yang menyebabkan sekitar 10.000 warga Malaysia meninggal dunia setiap tahun.


Menurut statistik Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM), diperkirakan 100.000 orang Malaysia mati setiap tahun di sebabkan penyakit yang berhubungan dengan kebiasaan merokok.

Bercerita mengenai rokok, kisah menarik ini mungkin dapat dijadikan teladan dan inspirasi buat semua perokok yang ingin berhenti merokok. Seorang wanita Indonesia, Dita Sari Wootekh telah mendapat perhatian banyak netizen di negara tetangga setelah dia upload gambar yang menunjukkan sejumlah uang terkumpul hasil duit rokok suaminya.

Suaminya mulai berhenti merokok sejak November 2015 lalu. Uang yang seharusnya digunakan untuk membeli produk tembakau itu telah disimpan setiap hari memungkinkan setelah setahun enam bulan mereka telah berhasil membeli sebuah sepeda motor baru secara tunai.


"Sejujurnya saya ketika itu juga tidak yakin dia mampu melakukannya, namun tetap memberi dukungan.

"Dia memilih sendiri melakukannya, bukan karena dipaksa atau dilarang siapapun. Alasannya karena ingin hidup sehat.

"Untuk menunjukkan komitmennya, suami saya mengubah bekas akuarium di rumah kami untuk menjadi tabung berlabel 'Power of 20 rb'.

"Setiap hari dia memasukkan 20 rb Rupiah (RM6.40) yaitu jumlah seharusnya dibayar untuk rokok dan setelah setahun setengah, dia melihat isi 'tabung' itu - tidak perlu dinyatakan jumlah dikumpulkan, tetapi cukuplah untuk membeli sebuah sepeda motor," katanya.

Justru, di bulan Ramadan yang mulia ini marilah menanam azam baru untuk katakan tidak pada rokok. Kumpulkan duit dan lihat berapa hasil uang tabung rokok yang Anda akan dapat dalam waktu setahun dari sekarang. Apa tunggu lagi! 

Asalasah | Sumber: http://www.kakishare.my/2017/06/kumpul-duit-rokok-lebih-setahun.html