Main Ke Tembok China? Jangan Lupa Kunjungi Tembok Besar Jiankou

AsalasahKEBANYAKAN kita mungkin sudah terbiasa dengan sejarah Tembok Besar China yang diceritakan bertahun lamanya.

Tembok Besar Cina yang dahulunya menjadi 'perisai' selama Dinasti Ming, untuk melindungi utara Cina dari serangan suku Mongol dan Turkik.

Secara fundamental, Panjang Tembok Besar China ini sekitar 6,400km dari Shanhaiguan sampai ke Teluk Bohai di sebelah timur yang dekat dengan perbatasan Cina dan Manchuria, sehingga Lop Nur di sebelah tenggara wilayah Xinjiang.

Mengutip sumber Wikipedia pula, pada 2009, sarbuah penelitian arkaeologi terbaru yang menggunakan teknologi canggih melaporkan panjang keseluruhan tembok, dengan segala cabangnya, mencapai8,851.8km.

Namun apakah antara kita pernah mendengar tentang Tembok Besar Jiankou yang menjadi bagian dari sejarah kemegahan Tembok Besar China?


Tembok Besar Jiankou terletak sekitar 30km dari Huairou, pinggiran Beijing, di mana gunung-gunung di sekitarnya terlihat agak berbeda satu sama lain.

Tidak seperti lokasi wisata Badaling great wall di Zhangjiakou yang selalu penuh karena menjadi tujuan wisata banyak orang, Tembok BesarJiankou adalah tembok besar di atas gunung yang curam dengan tebingnya yang lebih indah.

Tembok Besar Jiankou mendapat namanya karena bentuknya yang seperti huruf W, ia sekaligus tampak seperti busur penuh busur panah.

Tembok Besar Jiankou adalah salah satu bagian paling berbahaya dan paling tinggi di Tembok Besar China, namun ia bukan hambatan bagi pendaki atau fotografer untuk mengeksplorasi bagian tersebut untuk mendapatkan sudut pandang indah di puncak paling atas lokasi tersebut.

Di bagian atas Tembok Besar Jiankou, pendaki bisa melihat Kolam Naga (Pool Dragon) dan reruntuhan kuno tembok besar yang berada di sekitar lokasi pendakian.

Rute ke puncak Tembok Besar Jiankou adalah pendakian penuh curam di mana pendaki akan menghadapi beberapa bagian pada sepanjang perjalanan sejauh 20km.

Antara bagian yang ada di Tembok Besar Jiankou termasuk Titian ke Surga (Tian Ti), Gerbang Neraka (Gui Men Guan), Menara Selatan (Nan Da Lou), Penjaga Pintu Gerbang General (Jiang Jun Shou Guan) dan bangunan Wangjing (Wangjing Building) .

Asalasah | Sumber: http://www.sinarharian.com.my/global/bahagian-tembok-besar-china-yang-kita-tak-tahu-1.694495