Masih Muda Tidak Perlu Minum Suplemen! Ini 5 Golongan Yang Layak Minum Suplemen!

Asalasah ~ Perlu atau tidak mengkonsumsi makanan tambahan atau suplemen? Pada saya untuk pertanyaan tersebut jawaban dapat adalah YA dan TIDAK.

Ya. Supplemen hanya diperlukan untuk golongan-golongan tertentu.

Antara golongan tersebut adalah:

  • Ibu hamil dan juga ibu yang menyusu
  • Wanita yang berencana untuk hamil
  • warga usia lanjut
  • Anak yang berumur 6 bulan sampai 5 tahun
  • Penyakit-panyakit yang diusulkan oleh dokter seperti penyakit ginjal, tirod dan sebagainya.

supplemen

Tidak perlu bagi mereka yang sehat.

Ini karena orang yang sehat tidak membutuhkan supplemen. Sebenarnya Anda bisa memperoleh segala nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dengan hanya mengambil berbagai variasi makanan dengan benar.

Harus diingat, tidak seperti obat yang telah dilakukan studi klinis, suplemen bukan untuk menyembuhkan, merawat dan juga mencegah penyakit.

Banyak penelitian telah dilakukan membuktikan suplemen tidak dapat mengobati atau mengurangi progress penyakit kronis.

Tempat supplemen yang populer adalah seperti multivitamin, calcium, Vit B complex, calcium, vitamin D, manajemen berat badan. Harus diingat penggunaan suplemen yang berlebihan dapat menyebabkan efek samping.

Berikut pula adalah antara pertanyaan yang perlu Anda tanyakan pada diri sendiri sebelum mengambil setiap produk supplemen:

1. Pastikan Anda menerima saran praktisi medis terakreditasi. Jika dokter tidak sarankan, baiklah Anda berpikir dahulu. Tapi ingat, coba hindari bertemu praktisi medis yang memiliki conflick of interest.

2. Pilihlah produk yang mendapat persetujuan KKM. Jika Anda ingin membeli suplemen, pastikan ia mendapat persetujuan dari KKM. Jika mendapat persetujuan pastikan ianya yang asli. Kalau nak tahu terdaftar ke tidak, kena tengok hologram meditag dan nomor pendaftaran MAL supplemen ada N di belakang.

3. Hati- hati jika 1 supplemen mampu merawat puluhan penyakit. Ini karena tidak ada benda di dunia ini yang mampu merawat puluhan penyakit. Jika ya, Anda mungkin ditipu.

4. Hati-hati jika supplemen mampu mengobati atau mengurangi sakit dengan cepat. Kekemungkinan besar ada bahan-bahan yang terlarang seperti steroid, siburtramine, chlorpheramine dan sebagainya.

5. Hindari membeli produk dari orang yang bukan dari bidangnya. Lebih baik membeli suplemen dari orang yang arif.

6. Jangan tinggalkan obat yang diberikan oleh dokter. Meskipun Anda mengambil suplemen, jangan Anda tinggalkan obat dokter seperti apa yang saya terangkan di nomor 1.

7. Lakukan tes darah secara berkala. Ini untuk memastikan semua bacaan darah berada dalam kisaran yang normal.

8. Berhenti segera jika memiliki efek samping setelah menggunakan suplemen seperti ruam- ruam di tubuh, wajah, bibir dan bengkak badan, gatal dan lain lain simptom yang dirasakan setelah mengkonsumsi supplemen.

9. Testimoni adalah paling lemah, dengar bisa percaya jangan. Dalam sesuatu penelitian, kesaksian adalah merupakan yang paling bawah dalam piramida sesuatu penelitian. Jadi, dengar bisa percaya nanti dulu.

10. Hindari membeli suplemen yang dikeluarkan dari luar negeri, yang tidak ada konfirmasi yang sah. Sebagai contoh produk luar negeri yang dijual di kaki lima.

11. Jangan terlalu berharap sesuatu supplemen mampu untuk mecegah atau mengurang sesuatu simptom.

12. Baca konten supplemen dengan teliti sebelum membeli. Jika Anda tidak memahami bahasa medis yang digunakan, silahkan ambil gambar dan bertanya kepada yang ahli.

Jika Anda ingin ambil supplemen, pikir-pikir sebelum bertindak. Jangan kita menjadi korban kerakusan pihak yang bertujuan mendapatkan keuntungan.

Apa yang penting hindari stress, ambil makanan dengan diet yang seimbang, lakukan latihan secara berkala, berhenti merokok dan kurangi konsumsi alkohol adalah cara yang lebih efektif untuk menghindarkan diri dari berbagai penyakit.

Semoga bermanfaat.  

Asalasah | Sumber: sentiasapanas.com