Pendaki 'Berani Mati' Ini Berhasil Memanjat Gunung El Capitan Tanpa Tali

AsalasahSeorang pendaki, Alex Honnold, berhasil menaklukkan gunung besar El Capitan di Taman Nasional Yosemite tanpa bantuan alat pengaman atau tali.

El Capitan

Mengutip laporan portal oddity Central, impian pemuda itu tercapai dalam waktu empat jam dengan hanya menggunakan kaki dan tangannya sehingga menjadi pendaki pertama mendaki tembok granit setinggi 3.000 kaki.

Honnold mengakui merasa begitu bangga dengan keberhasilan itu karena itu adalah satu detik yang bersejarah buat dirinya.

"Ini adalah saat paling bahagia pernah saya rasakan dan adalah sesuatu yang sudah impikan begitu lama.

"Maksud saya, itu benar-benar memberikan saya kepuasan," katanya.

Honnold yang dibesarkan di Northern California memulai pendakian bersejarah dua tahun lalu.

Dia berulang-kali melakukan latihan mendaki menggunakan peralatan perlindungan dan menghafal setiap lubang yang harus dipegangnya dan cara posisi tubuhnya hingga dia merasa cukup nyaman untuk mencoba pendakian 'solo bebas.'

"Bagian paling sulit sandi itu adalah sekitar 2.300 dari bawah, di mana hanya ada lubang pegangan yang sangat kecil, hanya bisa memuat satu jari.

" Namun apa yang lebih menantang adalah mengatasi tes mental, "katanya.

Alex Honnold El Capitan
Sementara itu, penulis 'El Capitan: Historic prestasi and Radical Routes', Daniel Duane mengatakan, pendakian melampaui batas itu adalah olahraga yang berisiko tinggi dan membutuhkan fokus mental.

"Ini tidak pernah dilakukan siapapun sebelumnya dan sulit untuk membayangkan siapa saja yang hampir-hampir melakukan apa yang dilakukannya," katanya.  

Asalasah | Sumber: http://www.sentiasapanas.com/2017/06/pendaki-pertama-berjaya-menawan-gunung-el-capitan.html