Penduduk Muslim Inggris Jadi Pahlawan Ketika Kebakaran Grenfell Tower London

Asalasah ~ Penghuni beragama Islam Grenfell Tower di London, yang bangun pagi-pagi untuk sahur menjadi penyelamat membantu penghuni lain ketika kebakaran di apartemen tersebut.

Media Inggris yang dikutip The Star melaporkan, penghuni beragama Islam hunian apartemen 24 lantai itu merupakan penghuni yang paling awal menyadari kebakaran terjadi dan bertindak mengetuk pintu rumah penghuni lain.

Grenfell Tower

Kebakaran yang telah merenggut 12 nyawa terjadi ketika penghuni sedang tidur. Tidak ada peringatan bunyi dari alarm kebakaran.

Penghuni apartemen 24 lantai yang dihuni beberapa Muslim yang bangun untuk bersahur menyadari kebakaran setelah menghirup bau asap.

Khalid SULEMAN Ahmad, 20 memberitahu HuffPost UK, dia sedang menunggu untuk bersahur melihat kepulan asap dari lantai bawah, memandang keluar dari lantai delapan apartemennya.

"Saya mengejutkan ibu saudara saya dan kemudian menyarungkan pakaian untuk keluar mengetuk pintu rumah tetangga. Semua tetangga terjaga kecuali dua buah rumah," katanya.

Menurut Khalid, seluruh koridor gelap dan dipenuhi asap tebal dan awalnya mengira itu tidaklah serius dan hanya ingin memindahkan penghuni lain ke tempat aman.

Sementara itu, laporan mengutip saksi mengatakan, penghuni beragama Islam adalah pahlawan dan penyelamat selain petugas pemadam kebakaran yang bekerja keras memadamkan kebakaran.

Andre Barroso, 33, mengatakan kepada The Independent, Muslim memainkan peran besar untuk mengeluarkan penghuni keluar dari gedung terbakar.

"Kebanyakan orang yang saya lihat adalah Muslim. Mereka juga menyediakan makanan dan pakaian," katanya.

Beberapa masjid dan pusat kebudayaan Islam turut membuka pintu untuk korban yang terkena sementara kelompok agama yang lain turut terlibat membantu kebutuhan dasar kepada korban. 

Asalasah | Sumber: http://www.sentiasapanas.com/2017/06/penghuni-muslim-hero-kebakaran-grenfell-tower-london.html