Penyakit HPV penyebab kanker yang diderita Julia Perez Hingga Meninggal

Asalasah ~  Artis Julia Perez atau Jupe tutup usia karena tidak tahan melawan ganasnya kanker serviks yang dideritanya selama tiga tahun terakhir. Kanker serviks merupakan salahsatu pembunuh kaum perempuan terbesar kedua setelah kanker payudara. 


Kanker serviks disebabkan oleh virus HPV (Human Papilloma Virus). Di dunia, setiap 2 menit satu wanita meninggal. 

Sementara di Indonesia, setiap 1 jam kurang, 1 wanita meninggal akibat kanker serviks ini. 
"Kurang lebih 1 hari ada 58 wanita Indonesia terdiagnosa kanker serviks dan 26 di antaranya meninggal," tegas Founder and CEO Internis and Vaccinologist In Harmony Vaccination Clinic, dr Kristoforus Hendra Djaya, SpPD kepada JawaPos.com, Minggu (11/6). 

Padahal, kata Kristoforus, kanker serviks ini adalah satu dari dua kanker yang sudah bisa dicegah. Mengapa? Karena penyebabnya adalah virus.

"Penularan virus bisa dicegah. Virusnya adalah HPV (Human Papilloma Virus)," paparnya. 

Menurut Kristoforus, virus HPV juga bisa menyebabkan kutil kelamin dan kutil-kutil lain di tubuh, hal itu karena virus HPV kurang ganas. 

Sementara Virus HPV yang ganas bisa menyebabkan kanker, misalnya HPV tipe 16 dan 18. 

Penularan HPV sebanyak 80 persen dari hubungan seksual. Sisanya macam-macam, bisa dari pinjam-meminjam benda pribadi, toilet, dan lainnya. 

“Sebanyak 80 persen wanita, berdasarkan penelitian, akan terkena virus ini seumur hidupnya. Entah kapan, walaupun tidak semua jadi kanker," tegasnya. 

Asalasah | Sumber: http://www.wawker.com/2017/06/mengenal-ngerinya-penyakit-hpv-penyebab.html